Islam

Jadi Khatib Idul Fitri Rektor UNS Dengan Tiga Pesan Ramadhan

(jateng.sindonews.com)-SOLO; Rektor Universitas Sebelas Maret(UNS) Surakarta Prof Jamal Wiwoho  Salat Idul Fitri dengan keluarga di garasi rumahnya Jalan Manunggal I Sukorejo RT 02/RW 20 Banjarsari, Solo, (24/5/20). Salat Id mandiri ini mengikuti anjuran pemerintah saat pandemi COVID-19.

Salat Idul Fitri dimulai pukul 06.15 WIB diawali takbir, tasbih, tahmid, dan tahlil. Jamaah salat 10 orang, terdiri dari keluarga rektor 6 orang dan keluarga adik Prof Jamal yang juga Lurah Jagalan, Jebres, Solo 4 orang. Prof Jamal bertindak sebagai imam salat sekaligus khatib Idul Fitri.

Khutbah bertema “Pesan Ramadhan saat COVID-19 dalam Kehidupan Kita itu, prof Jamal menguraikan 3 pesan Ramadhan sebagai pegangan setelah Syawal. Ketiganya pesan moral atau tahzibun nafsi yang menekankan agar selalu mawas diri pada musuh terbesar umat manusia yakni hawa nafsu yang sejak dulu tidak pernah berdamai.

 

Pesan kedua, hikmah Ramadhan terlukis indah pada detik-detik akhir bulan suci menuju Syawal. Umat Islam mengeluarkan zakat fitrah kepada Ashnafuts Tsamaniyah atau 8 kategori kelompok masyarakat yang berhak menerima zakat, terutama fakir miskin, wujud tali silaturahmi serta semangat berbagi.

 

“Ketiga pesan jihad di bulan Ramadhan dalam arti luas, yakni mengecilkan arti segala hal yang dimiliki demi mendapatkan keridhoan-Nya, mendapatkan pahala serta keselamatan dari siksa-Nya,” katanya.

Dalam khutbah Idul Fitri, mantan Irjen Kemenristek itu menyampaikan, pandemi COVID-19 itu kehendak dan berasal dari Allah agar umat Islam selalu membiasakan dan menjaga kebersihan karena kebersihan sebagian dari iman.

 

“Covid itu ujian dari Allah dan Allah lah yang akan menghentikannya serta berharap dengan adanya pandemi COVID itu umat Islam di Indonesia selalu meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan kesabaran serta selalu berharap ridho dari-Nya,” katanya.

Khotbah Rektor UNS ditutup dengan doa agar setelah pandemi COVID-19, Allah memberi anugerah agar kehidupan umat Islam lebih baik dunia-akhirat serta dihindarkan dari azab api neraka.

 

 

(abd; Abdul Malik Mubarok;  Bahan  dari : https://jateng.sindonews.com/read/44644/707/jadi-khatib-idul-fitri-rektor-uns-sampaikan-tiga-pesan-ramadhan-1590321934)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close