Kesehatan

Kenali Penyakit Jantung Seperti Dialami Didi Kempot

(lifestyle.sindonews.com)- Penyanyi Didi Kempot diduga meninggal dunia karena serangan penyakit Jantung   di RS Kasih Ibu Solo Selasa 05/05/20 Jam 07.45. Didi menghembuskan napas terakhirnya di usia 53 tahun.

 

Serangan jantung seperti yang dialami penyanyi dengan julukan Godfather of Broken Heart itu terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat. Penyumbatan ini paling sering karena penumpukan lemak, kolesterol dan zat lain, yang membentuk plak di arteri yang memberi makan jantung (arteri koroner).

Dilansir Mayo Clinic, seiring waktu, arteri koroner dapat menyempit dari penumpukan berbagai zat, termasuk kolesterol (atherosclerosis). Kondisi ini, dikenal sebagai penyakit arteri koroner, menyebabkan sebagian besar serangan jantung.

 

Selama serangan jantung, salah satu plak ini dapat pecah dan menumpahkan kolesterol serta zat lain ke aliran darah. Gumpalan darah terbentuk di lokasi pecah. Jika besar, bekuan dapat menghalangi aliran darah melalui arteri koroner, membuat otot jantung kekurangan oksigen dan nutrisi (iskemia).

Seseorang mungkin memiliki penyumbatan lengkap atau sebagian. Penyumbatan lengkap berarti mengalami infark miokard elevasi ST (STEMI). Penyumbatan parsial jika mengalami infark miokard elevasi non-ST (NSTEMI). Langkah dan perawatan diagnostik mungkin berbeda tergantung gejala yang Anda miliki.

Adapun penyebab lain serangan jantung adalah kejang arteri koroner yang menutup aliran darah ke bagian otot jantung. Menggunakan tembakau dan obat-obatan terlarang, seperti kokain, dapat menyebabkan kejang yang mengancam jiwa.

Serangan jantung, juga disebut infark miokard, bisa berakibat fatal, tetapi pengobatan penyakit ini telah meningkat selama bertahun-tahun. Penting menghubungi bantuan medis darurat jika seseorang mengalami serangan jantung.

 

(tdy; Diana Rafikasari;  Bahan dari : https://lifestyle.sindonews.com/read/17617/155/mengenal-penyakit-serangan-jantung-seperti-yang-dialami-didi-kempot-1588651557)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close