TELKOMGrup dan SEKAR

Cegah Kejahatan Linkaja Gandeng Dukcapil

(money.kompas.com)-JAKARTA; PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) menggandeng Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri untuk meningkatkan keamanan. LinkAja menggandeng Dukcapil untuk melakukan proses Know Your Customer (e-KYC).

 

Nantinya LinkAja akan secara otomatis memvalidasi data pengguna. “Kerja sama ini juga mempermudah dan mempercepat proses validasi e-KYC yang kami miliki untuk pengguna yang ingin meningkatkan akun layanannya jadi full service,” ucap Direktur Operasi LinkAja Haryati Lawidjaja, saat ditemui di Kuningan, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

 

Melalui e-KYC yang diverifikasi Ditjen Dukcapil, pihaknya berharap pengguna LinkAja dapat memperoleh manfaat maksimal dari layanan LinkAja, seperti saldo maksimum yang lebih tinggi, dan keleluasaan untuk melakukan transaksi lain, seperti transfer dana dan penarikan tunai.

 

Dengan menggandeng Dukcapil, ke depan harapannya tak ada lagi penyalahgunaan data pengguna oleh pihak tak bertanggung jawab. “Serta tak menyalahgunakan hak akses data kependudukan yang telah diberikan kepada kami. Adanya kesesuaian validasi dan verifikasi identitas ini penting untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna dalam bertransaksi secara digital,” ujar Haryati.

 

Sebelumnya proses verifikasi dilakukan manual lewat pengenalan foto pengguna yang disesuaikan dengan foto KTP elektronik. Mulai sekarang terhubung realtime dengan Application Programming Interface (API) data kependudukan yang dikelola Ditjen Dukcapil.

 

Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gunawan menyatakan, kerja sama ini membantu pemerintah untuk memerangi risiko pencucian uang maupun mencegah pendanaan terorisme.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Cegah Kejahatan, LinkAja Gandeng Dukcapil”,.
Penulis : Rina Ayu Larasati; Editor : Bambang Priyo Jatmiko; Bahan dari  : https://money.kompas.com/read/2020/01/17/164000726/cegah-kejahatan-linkaja-gandeng-dukcapil)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close