Kesehatan

Minum Kopi Bahayakan Kesehatan Ginjal?

(health.kompas.com)-MINUM KOPI; kebiasaan sebagian orang. Belum lengkap rasanya jika hari tanpa minum kopi. Kebiasaan minum kopi ini dikhawatirkan juga, apakah minum kopi bisa membahayakan kesehatan ginjal?

 

Berikut penjelasan mengenai studi terkait minum kopi dan penyakit ginjal sampai efek minum kopi bagi penyakit ginjal.

 

Studi minum kopi dan penyakit ginjal

Melansir Verywell Health, ada penelitian terkait kopi dan penyakit ginjal. Studi (2008) meneliti 2.600 wanita di Korea yang rutin mengonsumsi kopi justru menurunkan risiko penyakit ginjal. Simpulan penelitian ini belum kuat karena hanya mengandalkan survei berbasis populasi.

 

Studi (2016) giliran mengungkapkan, hubungan minum kopi pada pria. Hasilnya, minum kopi tidak membahayakan kesehatan ginjal pria.

 

Simpulan penelitian ittu serupa studi di sekitar wilayah penghasil kopi di Nikaragua. Warga setempat jarang terkena penyakit ginjal kronis. Kondisi ini karena pengaruh antioksidan dan efek antidiabetik dalam kopi. Kendati tak berbahaya, namun konsumsi kopi perlu dibatasi tak boleh berlebihan.

 

Konsumsi kopi, teh, dan asupan berkafein lain secara berlebihan bisa berkontribusi pada pembentukan batu ginjal. Terutama jenis kalsium oksalat.

 

Efek tidak langsung minum kopi pada penyakit ginjal

Penyebab utama penyakit ginjal adalah diabetes dan hipertensi. Bagi yang tidak biasa minum kopi dan kalangan lansia, konsumsi asupan berkafein seperti kopi dapat meningkatkan tekanan darah. Peningkatan tekanan darah itu umumnya sementara dan terjadi pada orang yang punya riwayat hipertensi.

 

Dengan kaitan antara minum kopi dan tekanan darah tinggi, tak pelak jamak muncul kekhawatiran terkait penyakit ginjal. Kendati kekhawatiran ini masuk akal, studi mengungkapkan hasil yang sebaliknya. Minum kopi maksimal empat cangkir (200 miligram kafein) per hari tidak meningkatkan risiko penyakit ginjal pada orang sehat.

 

Minum kopi bagi penderita penyakit ginjal

Menurut pakar nutrisi spesialis ginjal Jessianna Saville, MS, RDN, LD, CSR, CLT dari National Kidney Foundation, sah saja bila penderita ginjal ingin minum kopi. Dia wanti-wanti agar penderita ginjal yang ingin minum kopi memperhatikan sejumlah hal. Yang utama, minum kopi tidak lebih dari tiga cangkir per hari.

 

Konsumsi berlebihan meningkatkan kadar potasium darah. Hindari tambahan krimer. Produsen jamak menambahkan fosfat dalam krimer. Zat yang mudah diserap tubuh ini  berbahaya bagi penderita ginjal. Hindari juga tambahan susu agar kadar kalium darah penderita ginjal tak melonjak, Agar lebih aman, tiap penderita ginjal perlu berkonsultasi ke dokter yang menangani sebelum minum kopi.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Apakah Minum Kopi Bahayakan Kesehatan Ginjal?”, Penulis / Editor : Mahardini Nur Afifah; Bahan dari : https://health.kompas.com/read/2020/06/13/180600168/apakah-minum-kopi-bahayakan-kesehatan-ginjal-)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close