Kristiani dan Hindu

Patung Bunda Maria Tertinggi Di Belu NTT

(ikatolik.com)- Nusantara, Patung Bunda Maria sebagai patung tertinggi di NTT selesai dibangun. Untuk mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Belu, pemerintahmengalokasikan anggaran Rp 16 M. Dana ini untuk pembangunan patung Bunda Maria di Teluk Gurita, Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak.

 

Dana senilai Rp 16 M ini untuk membiayai dua item pekerjaan yakni, pembangunan patung dan pembangunan pelataran (landscape). Patung Bunda Maria Segala Bangsa dengan tinggi 32 meter tersebut juga sudah dibuka untuk para peziarah sejak 24/12/2019.

 

Pembangunan Patung ini dikerjakan PTEnviture Persada selama 210 hari

Terhitung tanggal kontrak 17/5/2019 dan dibiayai APBD II Kabupaten Belu tahun 2019 senilai 16 miliar rupiah. Patung ini dibangun dari bahan pasir silika dan perunggu. Beratnya 45 ton ini memecahkan rekor sebagai patung tertinggi, melampaui tinggi Patung Bunda Maria Bukit Nilo, Maumere yang 28 meter.

 

Dengan tatakan patung setinggi 9 mt, total keseluruhan tinggi patung ini 41 meter. Dikutip website resmi Diskominfo Kabupaten Belu, Bupati Willybrodus Lay mengatakan, mereka akan mengalokasikan anggaran 9M untuk penataan lokasi sekitar patung itu, yang akan dijadikan destinasi wisata religi.

 

Dana ini sudah disetujui DPRD Belu. Dengan demikian, total 25M dana yang dialokasikan dari kas daerah untuk proyek pembangunan patung di Teluk Gurita, Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak itu.

 

Setelah rampung, pengelolaam diserahkan kepada Gereja

“Setelah selesai ditata akan diserahkan pada salah satu tarekat atau suster-suster yang telah berpengalaman dalam menangani obyek wisata rohani untuk mengelolanya,” kata Lay melansir Katholiknews.com.

 

Ia belum memastikan tarekat apa yang akan mengelolanya. Keputusan final, kata dia, akan diambil usai ia menemui Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku Pr. “Pemerintah akan meminta masukan dari Bapa Uskup Atambua sebelum menentukan pihak yang akan mengelolanya,” katanya.

 

“Pemerintah juga akan mendengar masukan dan tanggapan dari masyarakat terkait rencana ini,” tambah Bupati Willy. Semoga wisata patung Bunda Maria ini menambahkan semangat kita mencintai Bunda.

 

(Tini Pasrin;  Bahan  dari : http://ikatolik.com/patung-bunda-maria-tertinggi-di-belu-ntt-selesai-dibangun/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close