Iptek dan Lingk. Hidup

Program Revitalisasi Pulau Tikus Direspon Menhub

(bengkuluekspress.com)-BENGKULU; Usulan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bengkulu untuk merevitalisasi Pulau Tikus sudah mendapat respon positif dari Kemenhub. Anggaran Rp 15 miliar siap dikucurkan untuk revitalisasi Pulau Tikus yang semakin mengecil akibat abrasi.

 

“Ya informasinya ada anggaran Rp 15an miliar di Kemenhub untuk pengajuan revitalisasi Pulau Tikus. Namun belum bisa terealisasi karena ada tahapan Studi kelayakan revitalisasi Pulau Tikus dan Detail Engineering Design (DED) atau produk perencanaan (detail gambar kerja). Baru pemaparan kembali di Kementerian Perhubungan,” jelas Kadis DKP Kota Bengkulu, Syafriandi, Rabu (24/06).

 

Kenapa pengajuan ke Kemenhub, Syafriandi menjelaskan karena revitalisasi Pulau Tikus berkaitan dengan navigasi. Pulau Tikus dinilai perlu mendapat perhatian karena dari luas 2,5 hektar, saat ini hanya menyisakan setengah hektar saja.

 

“Ya kalau tidak segera kita revitalisasi, pulau itu akan hilang. Jadi rencananya nanti kita akan kembalikan luas lahan Pulau Tikus dan kita pasang batu pemecah ombak di sekeliling pulau, agar pasir yang masuk tidak bisa keluar,” ungkapnya.

 

Target dari DKP sendiri pengajuan tersebut bisa direalisasikan pada 2021 mendatang karena tahun ini dinilai sudah tidak memungkinkan lagi. Juga karena revitalisasi Pulau Tikus masuk dalam kategori urgent dan harus disegerakan agar tak tenggelam.

 

(Imn; Rajman Azhar; Bahan dari : https://bengkuluekspress.com/usulan-revitalisasi-pulau-tikus-direspon-menhub/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close