Psikologi

7 Langkah Kecil Mengubah Jadi Pribadi Lebih Baik

(hot.liputan6.com)-JAKARTA; Ramadan telah lama berakhir, jangan sia-siakan bulan suci penuh berkah ini. Ingat resolusi yang kita buat di awal ramadan, jangan sampai itu tinggal kenangan.

 

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan merasakan manfaat bulan ramadan sepenuhnya, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan di rumah:

 

1-Bersyukur atas yang kita miliki

Di luar sana banyak yang masih harus berjuang melawan wabah dan mempertahankan hidup. Kita yang berada di rumah selayaknya bersyukur diberi kesehatan, tidur nyenyak, kumpul bersama keluarga dll. Jangan fokus apa yang tidak kita miliki, tetapi bersyukurlah apa yang sudah dimiliki.

 

2-Menyegerakan ibadah

Berada di rumah dan mudah menjangkau air wudhu, tak ada alasan menunda beribadah sholat begitu adzan berkumandang. Banyak keutamaannya, dari surga hingga mendapat pahala yang besar. Selain menyegerakan sholat, kita bisa meningkatkan ibadah lain seperti rajin sholat sunnah, dzikir dan mengaji.

 

3-Peoduktif dan kerja keras

Suasana kerja tak sama seperti sebelumnya. Jangan jadikan alasan malas kerja. Justru di saat ini, yang karyawan, harus produktif mendukung perusahaan bertahan melewati krisis. Yang pengusaha dan pedagang, punya tanggung jawab lebih besar karena harus menghidupi karyawan dan keluarga.

 

Para pelajar dan mahasiswa, berada di rumah bukan berarti banyak bermain dan bersantai. Kita harus makin giat belajar karena banyak pelajaran yang tak bisa diberikan langsung oleh guru atau dosen.

 

4-Polla hidup sehat

Berada di rumah membuat kita lebih mudah menerapkan pola hidup sehat. Mulai istirahat cukup dan tepat waktu, karena tidak ada  cerita harus pulang malam karena lembur dan macet. Itu baru soal istirahat, pola makanan lebih sehat karena tak jajan sembarang dan bisa menikmati makanan rumahan.

 

5-Mempererat kebersamaan keluarga

Situasi physical distancing jadi momen bagi kita meningkatkan kebersamaan keluarga, mempererat silaturahmi dengan saudara, tetangga dll. Jangan biarkan momen ini berlalu tanpa kesan yang mendalam.

 

6-Mencoba hal baru

Selalu di rumah, momen tepat mencoba hal baru. Daripada menghabiskan waktu untuk tidur dan bermain, cobalah hal baru untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan. Banyak hal bisa dipelajari dari internet dan medsos. Mulai memasak, melukis, menulis, mendesain, mengedit foto dan video dll.

 

7-Berjanji untuk lebih baik

Langkah kecil lainnya yang perlu dilakukan adalah membuat janji. Bikin janji kecil-kecil, jangka pendek yang kemungkinan besar bisa kita wujudkan. Dengan begitu kita bisa memiliki tanggung jawab tanpa harus memikul beban berat.

 

(Gilar Ramdhani; Bahan  dari :  https://hot.liputan6.com/read/4254025/7-langkah-kecil-untuk-mengubah-kamu-jadi-pribadi-yang-lebih-baik)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close