Selingan

Cetak Rp1 Miliar per Menit-Ini Investasi ala Keluarga Terkaya di Dunia(2/2)

(finansial.bisnis.com)- Suksesi Keluarga

Mengelola transisi generasi seperti ini salah satu prioritas utama bagi keluarga terkaya di dunia. Dalam laporan (2018), kantor jasa profesional PwC menuturkan kekayaan miliarder senilai US$3,4 triliun akan diturunkan selama 2 dekade ke depan dan perencanaan suksesi jadi perhatian dominan.

 

“Suksesi keluarga itu sulit. Ketika keluarga berkembang, minat berbeda,” ujar Quentin Marshall, kepala perbankan swasta di Weatherbys. Tidak ada template umum untuk hal ini. Saat dinasti kaya lainnya seperti keluarga Koch menjaga anggota keluarga tetap di puncak bisnis, keluarga Walton mengalih-dayakan pelaksanaan Walmart kepada manajer profesional.

 

Steuart dan pamannya Rob, 74, masih duduk dalam susunan dewan direksi Walmart, tetapi sebagian besar keluarga besar memfokuskan energi mereka di luar perusahaan. Kini, kepemilikan keluarga di luar Walmart hanya sebagian kecil dari keseluruhan kekayaannya, yang terjaga oleh keberadaan Walmart. Walton Enterprises LLC. memegang 50% saham Walmart dengan nilai US$160 miliar.

 

Namun bergeser. Saham Walmart keluarga itu membayar dividen senilai US$3 miliar satu tahun terakhir, sementara Walton Family Holdings Trust menjual saham Walmart US$10 miliar dalam tiga tahun terakhir. Dewasa ini, US$40 miliar nilai kekayaan keluarga itu tersimpan di luar saham Walmart, menurut perhitungan Bloomberg.

 

Dalam beberapa hal, investasi mereka adalah tren mikrokosmos yang didominasi dana mengendap (passive funds). Sekitar US$4 miliar disimpan dalam instrumen seperti Vanguard Emerging Markets ETF atau Northern Trust Russell Index.

 

Sekitar US$2 miliar masuk ekuitas swasta, dana ventura, dan hedge funds. Uang itu tersebar di sejumlah nama besar, termasuk US$81 juta di AQR Capital Management, US$190 juta di Tiger Global Management dan US$71 juta di Vle Global Investors milik Ole Andreas Halvorsen.

 

Generasi muda keluarga Walton menginvestasikan sebagian dari return itu dalam usaha mereka sendiri yang bervariasi. Menurut Trott, ini semua bagian dari pendekatan yang memungkinkan keluarga Walton memposisikan diri untuk masa depan.

 

“Anda memiliki kepemimpinan keluarga di tingkat dewan direksi, manajemen non-keluarga untuk memimpin perusahaan yang beroperasi, serta anggota keluarga lainnya yang berlaku sebagai investor dan wirausahawan yang inovatif,” paparnya.

 

(Renat Soffie Andriani; Nancy Junita;  Bahan dari : https://finansial.bisnis.com/read/20190819/55/1138188/cetak-hampir-rp1-miliar-per-menit-begini-racikan-investasi-ala-keluarga-terkaya-di-dunia)-FatchurR * Tamat…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close