Selingan

Garda Kerajaan Saudi Ungkap Kian Luas Peran Perempuan

(international.sindonews.com)-RIYADH; Foto wanita Garda Kerajaan Arab Saudi berdiri di samping koleganya jadi viral di Twitter. Munculnya foto itu menunjukkan makin besarnya peran wanita di negara itu, mulai peluang kerja baru hingga kebebasan sosial yang makin luas.

Bertahun-tahun, wanita Saudi tak bisa bekerja di sektor militer atau mengemudi mobil, dan tidak bebas keluar rumah karena dibatasi aturan ketat. Di era kepemimpinan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) serta bagian dari ambisi Visi 2030, wanita mendapat lebih banyak hak dan kebebasan.

Februari 2018, Saudi memberi peluang wanita bergabung militer bekerja di sektor keamanan di Kemendagri, Departemen Investigasi Kriminal, Patroli Keamanan dan Keamanan Haji dan Umrah. Oktober 2019, Saudi membuka angkatan bersenjata untuk wanita. Dan dapat menjabat pangkat kopral atau sersan.

“Salah satu tugasnya perlindungan dan keamanan raja dan tamunya selama perayaan dan konferensi. Perannya menemani tamu atau delegasi wanita yang mendampingi tamu dan menanganinya, ini bagus dan penting,” tweet Pangeran Sattam bin Khaled al-Saud bersama foto itu. Menurut akun lain, Saudi Women Stories : “Foto itu gambar terhormat dan indah wanita Saudi di Garda Kerajaan.”

Misi Garda Kerajaan untuk melindungi Istana al-Saud dan unit Garda Kerajaan melindungi keluarga kerajaan sepanjang waktu. “Anggota Garda juga bertugas seperti tentara profesional dan memiliki reputasi tentara paling elit dan ahli di Angkatan Darat Saudi,” papar laporan Gulf News.

Pada 2018, saat pertama bergabung militer, 20% populasi wanita Saudi tidak bekerja, menurut data Bank Dunia. Visi 2030 memberi lebih banyak pekerjaan untuk warga Saudi, termasuk wanita. Saat Kerajaan ingin modernisasi, wanita berhak mengemudi mobil (Juni 2019). Pada Agustus, UU perwalian diubah dan wanita tak harus minta izin dari wali lelaki membuat paspor dan perjalanan luar negeri.

Wanita juga mendapat hak mendaftarkan kelahiran anak mereka, mendapat dokumen keluarga dan tinggal terpisah dari suami mereka. Saat itu, Dubes Saudi untuk AS Putri Reema Bandar al-Saud menyatakan, “Itu aturan baru yang bersejarah yang dibuat.”

 

(sya; Syarifudin; Bahan dari : https://international.sindonews.com/read/83596/43/foto-wanita-garda-kerajaan-saudi-ungkap-kian-luasnya-peran-perempuan-1593263164)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close