Wisata dan Kuliner

Lima Tempat Wisata Yang Terkenal Mistis Beserta Mitosnya

(travel.detik.com)-JAKARTA; Beberapa tempat wisata di Indonesia terkenal bernuansa mistis yang menyelubunginya. Balutan legenda urban membuat spot wisata ini ibaratnya punya magnet bagi para traveler.

 

Terlepas dipercaya atau tidak, mitos-mitos itu bahkan menjadikan tempat wisata mistis semakin menarik untuk dikunjungi. Berikut lima tempat wisata di Indonesia yang terkenal dengan kisah mistisnya dan tersebar di beberapa provinsi:

 

1-Traveler harus jaga kesopanan di Trunyan

Desa Trunyan di Bali masuk jajaran tempat wisata unik. Tidak ada acara ngaben atau penguburan buat warga yang meninggal di daerah ini. Jenazah diletakkan di atas tanah. Dekat pohon yang bernama Teru Menyan. Kendati tak ditimbun, tak ada bau busuk tercium dari mayat itu.

 

Traveler yang ke kawasan ini harus menghormati pantangan. Di antaranya barang apapun di kuburan ini pantang dibawa pulang. Pengunjung diharuskan berlaku sopan, tidak meludah karena jijik melihat mayat yang diletakkan di permukaan tanah. Konon bagi pelanggar larangan akan kena musibah sepulang dari kawasan ini.

 

2-Tak boleh ambil apapun dari Taman  Nasional Alas Purwo

Terletak di wilayah paling timur Pulau Jawa, tempat wisata Taman Nasional Alas Purwo memiliki beragam spot wisata yang layak dikunjungi. Dari kawasan pantai, situs keagamaan, sampai menelusuri puluhan gua dapat ditemui di kawasan di Banyuwangi ini.

 

Banyaknya gua di Alas Purwo membuat kawasan ini terkenal dengan  mistisnya. Sejumlah pertapa dapat ditemui bersemedi di gua-gua itu. Kondisi alami Taman Nasional Alas Purwo  terjaga karena mitos yang menyelubunginya. Larangan membawa apapun dari hutan termasuk memburu satwa liar diberitahukan pada setiap pengunjung. Konon bahaya akan menimpa bagi pelanggarnya.

 

3-Pantangan memakai pakaian warna merah di Curug Cikuwulung

Air terjun (Curug) Cikuluwung di Kampung Suka Asih, Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jabar. Ada kolam air tenang warna hijau tosca dikelilingi tebing bebatuan. Aliran air Curug Cikuluwung asal dari Sungai Cikuluwung yang berhulu di Gunung Salak. Curug Cikuluwung buka pukul 08.00-11.00 WIB dan dibuka kembali pada pukul 13.00-16.00 WIB.

 

Pengunjung tidak diperbolehkan masuk di luar jam itu. Apalagi jika ingin berenang di malam hari. Kabarnya “penunggu” curug itu tidak suka jika ada yang mengganggu setelah matahari terbenam.

 

Konon bagi pengunjung yang punya indra keenam dapat melihat ukiran indah pada tebing kolam. Namun bagi perempuan yang ingin masuk dalam kawasan curug ini dilarang mengenakan pakaian warna merah. Jika hal tersebut dilanggar hal-hal yang bisa mencelakakan diri sendiri bisa saja terjadi.

 

4-Mitos Sosok Maung di Hutan Pasarean Ciamis

Kawasan hutan Pasarean di Desa Nagarapageuh, Ciamis, Jabar ditetapkan sebagai kawasan hutan lindung. Bagian bawah kawasan hutan ada makam tokoh di daerah ini yakni Pangeran Undakan Kalangan Sari yang jadi situs Cagar Budaya.

 

Masyarakat Desa Nagarapageuh menjaga hutan ini sejak lama. Warga gak berani memanfaatkan hasil alam di hutan ini. Dari mengambil ranting pohon, memanfaatkan pohon yang tumbang. Apalagi sampai menebang pohon di Hutan Pasarean.

 

Menurut ceritanya, siapa yang mengambil hasil alam akan didatangi sosok ‘maung’ atau harimau malam harinya. Sosok itu minta agar orang itu mengembalikan pohon yang diambil. Bila bandel orang itu bakal kena musibah,  kecelakaan hingga sakit. Percaya atau tidak mitos ini ada sejak lama dan turun temurun.

 

5-Gerbang Kerajaan Ratu Kidul di PantaiParangkusumo

Pantai ini sekitar 30 km dari Kota Yogyakarta ini dipercaya sebagai pintu masuk ke kerajaan Ratu Kidul, penguasa pantai laut selatan. Seperti pantangan di kawasan pantai selatan Jawa lainnya, memasuki Pantai Parangkusumo tak diijinkan berpakaian warna hijau. Mitosnya Ratu Pantai Selatan digambarkan sebagai wanita cantik menyukai warna hijau.

 

Jika ada pengunjung yang melanggar pantangan itu, dipercaya dia akan merasakan hari sial. Paling parah tubuh orang itu tiba-tiba terseret ombak ke laut dan tidak kembali lagi. Jika memasuki gerbang wisata ini, nuansa mistis langsung tersaji. Aroma dupa dan bunga  bahan persembahan yang dibawa angin laut menyambut para pengunjung.

 

(pal; ddn; Pasti Liberrty Mapappa; Bahan dari : https://travel.detik.com/detiktravel/d-5087190/5-tempat-wisata-di-indonesia-yang-terkenal-mistis-beserta-mitosnya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close