TELKOMGrup dan SEKAR

RKB Telkom Bantu UMKM Titip Jualan

(indotelko.com)- JAKARTA; Telkom melalui Rumah Kreatif BUMN (RKB) dari Sabang hingga Merauke membantu menaikkan kembali penjualan UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

 

Program bernama “Program Titip Jual”, ini UMKM tetap memproduksi dari rumah, dan RKB membantu mencarikan pembeli dengan mempublikasikan promosi secara masif melalui akun Medsos resmi RKB secara gratis. Di beberapa daerah, fasilitator RKB membantu pengantaran produk UMKM ke pembeli.

 

Sejak diluncurkan April 2020, Program Titip Jual berhasil meningkatkan penjualan produk UMKM Binaan sampai 22%. RKB memanfaatkan 4 platform digital, yaitu WA, FB, Instagram, dan e-commerce. WA jadi platform yang tersering digunakan, yaitu 36%, diikuti Instagram dan FB yang sama kuat, 29% dan 28%.

 

“RKB Palu salah satu RKB yang paling berhasil menjalankan program ini. 2 UKM binaan RKB Palu berhasil meningkatkan penjualannya 90% hingga bulan Juni,” ungkap Deputy EVP Divisi Business Service Telkom M. Soegihardjito.

 

Pelaksanaan program ini di daerah 3T (Terluar, Terdepan, dan Teringgal), penjualan produk UMKM meningkat lebih pesat, yaitu 28%. Ada perbedaan pada pengunaan platform, e-commerce tidak digunakan. Lokasi 3T lebih banyak menggunakaan WA dan Instagram, yaitu 37% dan 36%.

 

Hingga kini, Telkom melalui RKB berhasil membina 14.429 yang sebelumnya berbisnis konvensional (Go Modern) naik kelas jadi Go Digital 9.272 UMKM. Khusus program Titip Jual ini, RKB Telkom membantu lebih dari 300 UMKM  binaan dan makin meningkat tiap bulannya, 72% di antaranya tergolong sebagai UMKM produksi makanan olahan, sisanya UMKM fashion dan kerajinan.

 

“Telkom selalu membuktikan keberadaannya di saat pandemi, dalam bentuk aksi sosial dan program yang membantu peningkatan penjualan produk UMKM binaan seperti Program Titip Jual ini. Unit RKB BUMN siap hadir membantu mempromosikan produk UMKM Binaan, melalui social media maupun e-commerce,” pungkas M. Soegihardjito.

(ad; Bahan dari  : https://www.indotelko.com/read/1593151631/rkb-titip)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close