Iptek dan Lingk. Hidup

Bali Bakal Punya KA Tanpa Rel

(cnnindonesia.com)- Jakarta, PT KAI mengaku tengah mengkaji rencana pembangunan KA tanpa rel (Autonomous Rail Rapid Transit/ART) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali dan investor swasta.

 

Dirut KAI Didiek Hartantyo menyebut pembangunan yang diinisiasi Pemprov Bali untuk kepentingan pariwisata ini masih dalam proses desain. Nantinya, ART dibangun dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali menuju daerah Sanur untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan.

 

Meski belum ditargetkan perampungannya, namun pembangunan masuk pada rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024.

 

“Sudah ada pembicaraan antara PT KAI dan Pemprov Bali dengan merencanakan pembangunan kereta api dari airport ke Sanur. (Kami) sedang mengkaji dengan pemda dan investor,” kata Didiek, (11/8/20).

 

ART dinilai menjadi transportasi massal paling tepat karena dapat dioperasikan di atas jalan raya dengan menggunakan sistem signal. Selain itu, investasi pun lebih murah dibanding pembangunan kereta api rel. “Secara investasi lebih murah dan cepat eksekusinya,” lanjut Didiek.

 

Di kesempatan sama, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri menyebutkan rencananya pembangunan akan menghubungkan Bali Selatan dan Utara demi menunjang kebutuhan Pulau Dewata yang merupakan tumpuan pariwisata nasional.

 

Ia menuturkan pemerintah tengah gencar membangun transportasi massal di luar Pulau Jawa. Bali disebutnya menjadi salah satu provinsi yang memenuhi beberapa syarat kelayakan pembangunan seperti jumlah penumpang dan minat investasi.

 

Dia mengatakan pembangunan KA kerap mangkrak karena secara kalkulasi tak memenuhi syarat keuntungan investor. Apalagi, jumlah investasinya terbilang fantastis. “Ada inisiatif karena potensi pariwisata begitu hebat, ini dalam tahap desain dan perencanaan menghubungkan selatan dan utara Bali,” pungkasnya.

 

(wel; bir; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200811135710-92-534484/bali-bakal-punya-kereta-api-tanpa-rel)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close