Iptek dan Lingk. Hidup

Kolam Retensi Andir Dan Polder Kabupaten Bandung Target Selesai 2021

(ayobandung.com)-LENGKONG; Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum menggencarkan terus  proyek pengendali banjir di wilayah Bandung Selatan. Salah satunya yang jadi prioritas pada 2020 adalah pembangunan Kolam Retensi Andir di Dayeuhkolot dan 5 polder air di Baleendah, Kabupaten Bandung.

 

Kelima polder itu meliputi polder Cipalasari 1 dan 2, Cisangkuy, Cijambe Barat dan Cijambe Timur. Fungsinya mengendalikan genangan air dan banjir akibat aliran dari hulu sungai, sementara Kolam Retensi untuk memarkirkan air sementara sebelum kemudian dipompa dan dibuang.

 

Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) BBWS Citarum Dadang Karmen mengatakan, tahun ini satuan proyek tersebut masih berada dalam tahap pelelangan. Ditargetkan, November 2020 kontrak lelang sudah dapat disetujui.

 

“Prosesnya baru lelang, diperkirakan kontraknya di November baru bisa teken” ungkapnya ketika dihubungi, Rabu (5/8/2020).

 

Proses pembebasan lahan untuk proyek senilai Rp114 miliar ini telah selesai pada 2019. Sehingga, pembangunan fisik diharapkan dapat segera terlaksana setelah kontrak dimulai.

 

“Pembangunan fisik targetnya pada Desember 2021 sudah selesai semua. Baik Kolam Retensi Andir- maupun kelima polder, karena itu satu paket,” ungkapnya.

 

Meski menjadi prioritas, anggaran proyek pengendali banjir ini tak luput dari refocusing guna menangani pandemi Covid-19. Untuk tahun ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyisakan anggaran senilai Rp32 miliar untuk Kolam Retensi Andir dan kelima polder.

 

“Dana struktur banyak yang hilang karena harus dialihkan untuk Covid-19, untuk tahun ini disediakan uang muka saja untuk proyek Andir dan kelima polder senilai Rp32 miliar,” ungkapnya.

 

(Nur Khansa Ranawati; Bahan dari : https://ayobandung.com/read/2020/08/05/114483/kolam-retensi-andir-dan-polder-kabupaten-bandung-ditargetkan-rampung-2021)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close