Wisata dan Kuliner

Merebus Daging 5-30-7 Hemat Gas Hasilnya Empuk

(kompas.com)- Pada Hari Idul Adha, stok daging jadi banyak dan membuat penggunaan gas kompor jadi lebih boros dari biasanya. Ada satu solusi yang bisa Anda coba untuk merebus daging dengan lebih efisien dan efektif yakni metode memasak 5-30-7.

 

“Ini teknik memasak yang efisien dalam menghemat biaya terutama kompor gas yang digunakan,” kata Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski, Prasetyo Widodo pada Kompas.com, (25/7/20).

 

Pada dasarnya ini teknik blanching yaitu proses memasak dengan makanan dimasukkan ke dalam air mendidih sebentar. Untuk melakukan metode 5-30-7 ini, Anda harus mempersiapkan panci yang diisi air. Setelah itu, didihkan air sampai mendidih.

 

Lalu masukkan daging ke panci berisi air mendidih itu. Lalu Masaklah daging 5 menit. Setelah 5 menit, matikan api kompor lalu tutup panci dengan rapat. Biarkan daging selama kurang lebih 30 menit di dalam panci.

“Kemudian dimasak lagi 7 menit. Itu (panci) harus selalu tertutup rapat agar sirkulasi uap panas tidak keluar dari panci dan membuat daging jadi empuk,” terang Prasetyo. Proses pemasakan daging terus berlangsung selama 30 menit api kompor dimatikan berkat uap air yang terperangkap di dalam panci.

 

Maka dari itu, panci dipastikan harus selalu tertutup rapat dan tidak sering dibuka-tutup. Ada baiknya juga menggunakan panci dengan bahan tebal dan tutup yang berat untuk hasil daging lebih empuk untuk metode 5-30-7.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Cara Rebus Daging 5-30-7, Biar Hemat Gas dan Hasil Empuk”, Penulis : Syifa Nuri Khairunnisa;  Editor : Yuharrani Aisyah; Akses lebih cepat dan mudah melalui aplikasi Google Play: https://bit.ly/3g85pkA; Apple App Store: https://apple.co/3hXWJ0L; Bahan dari : https://www.kompas.com/food/read/2020/07/29/081800475/cara-rebus-daging-5-30-7-biar-hemat-gas-dan-hasil-empuk)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close