TELKOMGrup dan SEKAR

Telkom Mendukung Digitalisasi Pelayanan ASDP

(indotelko.com)- MERAK; Telkom ikut mendukung digitalisasi layanan yang dilakukan PT ASDP Indonesia Ferry melalui Ferizy. Yaitu layanan tiket berbasis online yang dapat diakses pengguna jasa melalui website www.ferizy.com atau aplikasi di ponsel.

 

Sejak diterapkan mulai 1/5/20 di 4 pelabuhan utama ASDP, yakni Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk, antusiasme pengguna jasa ferry yang beli tiket online via Ferizy terus meningkat. Dari data Juni-Juli, rata-rata transaksi di 4 pelabuhan pada hari biasa (weekday) 20.000 transaksi per hari, dan akhir pekan (weekend) 21.000 transaksi per hari.

 

Direktur Enterprise & Business Telkom, Edi Witjara mengatakan, Telkom sebagai BUMN telekomunikasi terus berperan aktif mewujudkan transformasi digital di Indonesia, misalnya melalui kerjasama dengan ASDP sebagai bentuk sinergi BUMN untuk memberi manfaat dalam aspek kehidupan masyarakat.

 

“Telkom menghadirkan solusi pemesanan dan pembayaran tiket hanya dalam 1 aplikasi terintegrasi yang mampu menampung hingga 200 transaksi per detik dengan dukungan infrastruktur jaringan dan data center kuat. Diharapkan menjamin ketersediaan dan kecepatan layanan demi kenyamanan dan kemudahan pengguna transportasi kapal penumpang,” ungkap Edi.

 

Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan layanan pembelian tiket ferry berbasis online Ferizy di Terminal Eksekutif Merak, Banten, (25/7) bersama Menhub Budi Karya Sumadi dan Menparekraf Wishnutama Kusbandio

 

Juga disaksikan Dirut PT ASDP Indonesia Ferry  Ira Puspadewi, Direktur Jaringan dan Layanan PT BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto, Direktur Operasional PT Jasa Raharja Amos Sampetoding, Direktur Operasi III PT Hutama Karya Ferry Febrianto dan jajaran Direktur BUMN lainnya.

 

Erick Thohir mengatakan, Ferizy bagian dari program digitalisasi ASDP yang dapat merubah culture pengguna jasa penyeberangan untuk reservasi dan beli tiket online. Melihat gaya hidup masyarakat yang cenderung bertransaksi elektronik maka E-ticketing jadi solusi yang dapat memberi kemudahan bagi pengguna jasa.

 

“BUMN penyedia jasa wajib memberi kemudahan dan kenyamanan, bagian dari world class service. ASDP salah satunya yang mulai melakukan transformasi, mengubah wajah penyeberangan laut lebih modern melalui digitalisasi pembelian tiket elektronik dengan aplikasi Ferizy,” ujar Erick

 

Menhb Budi Karya Sumadi menyatakan, peningkatan layanan dari digitalisasi mau tidak mau dilakukan agar masyarakat makin aman dan nyaman menggunakan jasa transportasi publik seperti kapal penyeberangan. Menhub menyambut baik peningkatan layanan di ASDP melalui penyediaan layanan pembelian tiket kapal online.

 

Menhub mengatakan, hal ini jadi perhatiannya sejak lama mengingat sering terjadi antrian kendaraan yang panjang khususnya di masa Angkutan Lebaran, Natal-Tahun Baru, dan hari besar lain.

 

“Yang kita nantikan bersama untuk meningkatkan layanan angkutan penyeberangan bisa diwujudkan. Dengan beli tiket online, masyarakat kini bisa beli tiket jauh hari dan dapat merencanakan dengan baik. PT ASDP dapat memprediksi jam puncak, sehingga kepadatan dapat dihindari,” jelas Menhub.

 

Dengan tersambungnya tol Trans Sumatera dari Bakauheni – Palembang makin meningkatkan minat masyarakat menyeberang melalui lintasan Merak-Bakauheni. Selain itu, di masa pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan berakhir, pembelian tiket online dapat meminimalisasi transaksi tunai dan tatap muka dengan petugas sehingga lebih aman, cepat, dan sehat.

 

Menparekraf / Kepala Badan Parekraf Wishnutama Kusbandio mengatakan pemerintah menargetkan untuk shifting dari target kuantitas ke kualitas wisatawan. Salah satu hal utama yang harus diperhatikan untuk dapat mendukung target tersebut adalah peningkatan pelayanan.

 

Kehadiran Ferizy jadi bagian dari peningkatan pelayanan bagi wisatawan dan pelaku ekonomi kreatif dalam mobilitas antarpulau di Indonesia. Terlebih di era industri 4.0 ini makin terdorong oleh pandemi dimana disrupsi digital lebih cepat dari yang seharusnya terjadi.

 

“Prefensi produk dan layanan wisatawan ke depan akibat pandemi lebih mengutamakan higienitas. Kehadiran Ferizy memimalisir kontak sehingga membuat wisatawan lebih aman dan nyaman,” katanya

 

Milestone ASDP

Dirut ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan, layanan tiket online Ferizy ini transformasi digitalisasi yang dilakukan ASDP sebagai wujud peningkatan layanan BUMN yang memberi kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat. Website dan aplikasi Ferizy yang dibuat ASDP bekerjasama dengan Telkom jadi salah satu milestone perusahaan pada tahun 2020 ini.

 

“Kami apresiasi antusiasme masyarakat, yang makin familiar dengan layanan Ferizy yang memberikan kemudahan dan kenyamanan saat beli tiket ferry. Simpel, tidak perlu antre di pelabuhan, dan manifest penumpang lebih terjamin. Dalam dua tahun terakhir ini, ASDP mewujudkan upaya modernisasi layanan penyeberangan menjadi lebih baik lagi,” tuturnya.

 

Kini, beli tiket via online bisa melalui ponsel dan dapat beli tiket mulai H-60 hingga maksimal 5 jam sebelum keberangkatan. Apalagi, di masa adaptasi kebiasaan baru, pengguna jasa harus senantiasa menjaga jarak (physical distancing) sehingga dengan beli tiket online, maka akan semakin mengurangi interaksi dengan petugas loket.

 

Pembelian tiket online  mandiri melalui website atau aplikasi tidak hanya mudah dan nyaman, tetapi pencatatan data manifest makin akurat sebagai dasar klaim asuransi sebagai bentuk perlindungan konsumen yang menjadi hak pengguna jasa melalui PT Jasa Raharja.

 

Dirut Jasa Raharja Budi Rahardjo mengatakan, “Kami apresiasi diluncurkannya layanan tiket online Ferizy, dengan platform ini semakin memudahkan penumpang beli tiket dan memperoleh kepastian jaminan perlindungan dari Jasa Raharja,” ujarnya.

 

Selain melalui Ferizy, dalam waktu dekat ASDP merintis kerja sama dengan BRI terkait fitur pembelian tiket ferry. Saat ini, pengguna jasa dapat bertransaksi pembayaran melalui agen lakupandai BRI, AgenBRILink yang tersebar di Indonesia.

 

“Kami mengapresiasi layanan digitalisasi beli tiket ferry ASDP melalui Ferizy yang semakin memudahkan pelanggan. Ke depannya, kami harap pembelian tiket ferry dapat melalui AgenBRILink kami setelah pembayarannya yang sudah bisa kami layani saat ini,” tutur Dirut BRI, Sunarso.

 

Selain melalui Ferizy, pengguna jasa kini dapat beli tiket ferry di gerai Alfamart sebagai mitra resmi penjualan tiket ASDP dengan biaya admin mulai Rp 1.000 sampai Rp 5.000 disesuaikan  jumlah nominal per transaksi. Bagi yang beli tiket di Alfamart, siapkan ID berupa nomor KTP/SIM/Paspor penumpang serta pastikan jenis golongan kendaraan yang dibawa.

 

Usai meresmikan Ferizy, ketiga Menteri menyeberang dari Merak dengan kapal ekspres ASDP KMP Portlink ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Keberadaan terminal eksekutif di Merak dan Bakauheni serta beroperasinya jalan tol Trans Sumatera berkontribusi besar pada peningkatan tren wisatawan domestik dengan mobil pribadi yang menyeberang melalui lintasan Merak-Bakauheni.

 

Dari pantauan angkutan Nataru 2019/2020 yang lalu jumlah pengguna jasa bermobil pribadi melonjak sebanyak 50,3% di Pelabuhan Merak dan 62.3% di Pelabuhan Bakauheni.

(ad; Bahan dari  : https://www.indotelko.com/read/1595735643/telkom-asdp)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close