Aku cinta Indonesia

Tiga Sepeda Buatan Lokal Yang Dipamerkan Jokowi

(cnnindonesia.com)-Jakarta; Presiden Jokowi memperlihatkan 3 unit sepeda saat berolahraga pagi di Istana Bogor (16/8). Ia rutin bersepeda untuk menjaga kebugaran di tengah pandemi virus Covid-19. Lewat akun Instagram miliknya, Jokowi mengklaim ketiga sepeda tersebut asli buatan Indonesia.

 

“Ini sepeda yang saya pakai, ada Kreuz, ada Polygon, ada Element. Semuanya buatan Indonesia,” tulis Jokowi di @jokowi.

 

Sepeda Lipat Kreuz

Sepeda pertama yang diunggah oleh Jokowi adalah sepeda lipat merek Kreuz berwarna merah dan putih. Sepeda itu dibuat di Bandung oleh pria bernama Yudi Yudiantara.

 

Dari segi bentuk, Kreuz mirip sepeda lipat asal Inggris, yakni Brompton. Sepeda lipat itu kini diminati banyak orang. Karena buatan tangan, jumlah sepeda lipat Kreuz masih terbatas. Bahkan bagi Anda yang hendak memesan harus rela mengantri hingga tahun 2022.

 

Dari segi harga, sepeda Kreuz  jauh lebih murah dari Brompton. Sepeda lipat Kreuz dibanderol +/- Rp10 juta rupiah. Brompton bisa puluhan hingga seratusan juta rupiah. Melansir dari berbagai sumber, Kreuz dalam bahasa Sunda berarti kebanggaan. Sejumlah pihak juga menyebut Kreuz merupakan singkatan dari kreasi urang Sunda.

Sepeda Polygon

Sepeda kedua yang dipamerkan Jokowi adalah sepeda gunung buatan Polygon. Dalam laman resmi, Polygon berdiri tahun 1989. Awalnya, perusahaan itu berorientasi untuk memproduksi sepeda khusus ekspor.

 

Namun, Polygon berekspansi perluasan pabrik dan investasi ke alat berteknologi tinggi standar internasional. Akhirnya sepeda buatan Polygon terdistribusi di 500 outlet yang ada di 33 negara. Dari segi harga, sepeda gunung yang dijual Polygon bervariatif, mulai jutaan hingga seratusan juta rupiah.

Sepeda  lipat Elemen

Sepeda terakhir yang diunggah oleh Jokowi adalah sepeda lipat hasil kolaborasi antara Element dengan Damn I Love Indonesia, brand fashion milik Daniel Mananta.

 

Memiliki 11 shifter (pengoper gigi), sepeda itu dinamai Camp Folding Bike Foldx Lite Edisi Damn I Love Indonesia. Terdapat gambar wajah prokalamator, yakni Sukarno dan Mohammad Hatta pada rangka sepeda edisi khusus tersebut.

 

Dalam laman resmi, sepeda lipat itu dijual Rp10.625.000. Camp Folding Bike Foldx Lite Edisi Damn I Love Indonesia yang dimiliki Jokowi menggunakan bahan Aloy pada bagian garpu depan (fork), Luce CNC 58T pada crankset, pedal ION QR, rem depan dan belakang Tekro, serta memiliki bobot 15,05 kilogram.

 

(jps/fra; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200816125117-284-536280/mengenal-tiga-sepeda-buatan-indonesia-yang-dipamerkan-jokowi)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close