Kesehatan

Tips Belanja Di Mall Selama New Normal Jauh Jauh(1/2)

(merdeka.com)- Belanja atau sekadar window shopping di mall mungkin jadi salah satu cara buat mengusir stres bagi sebagian orang. Hal ini juga jadi cara refreshing diri yang paling mudah dan murah, terutama buat yang selalu sibuk dari Senin hingga Jumat dan ingin rebahan aja di akhir pekan.

 

Sayangnya, masa pandemi yang terjadi beberapa bulan belakangan ini membuat banyak mall harus menutup jam operasional mereka demi mencegah penularan virus.

 

Untungnya di era new normal ini banyak mall yang kembali dibuka, tapi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Buat yang sudah merindukan belanja di mall, pastinya Anda bisa bersorak gembira dong! Tapi, ingat-ingat selalu kalau risiko penularan virus masih bisa terjadi. Jadi, jangan lupa selalu terapkan beberapa tips ini biar tetap aman selama belanja di mall.

 

1-Pakai Masker itu wajib

Masker kini sudah jadi barang wajib dipakai saat keluar rumah. Begitu juga saat memutuskan untuk belanja ke mall. Pasalnya, masker punya peranan penting, yaitu menjadi filter udara sebelum masuk ke dalam saluran pernapasan, sehingga meminimalisir virus masuk ke dalam tubuh.

 

Selalu pakai masker kain buat mencegah penyebaran virus penyakit dari orang yang terinfeksi, tapi nggak menyadarinya alias Orang Tanpa Gejala (OTG). Jangan lupa selalu masker cadangan di dalam tas karena idealnya masker kain hanya bisa digunakan 4 jam. Segera cuci masker begitu sampai di rumah, jemur dengan benar, dan setrika masker sebelum digunakan kembali.

 

Pastikan tertib jaga jarak

Sesuai rekomendasi WHO, patuhi aturan jaga jarak minimal 2 meter, misalnya mengantre saat membayar di kasir atau ketika membeli makanan di restoran. Kini, di mall pun sudah diterapkan protokol kesehatan dengan penanda khusus yang bikin para pengunjung lebih mudah memahaminya.

 

Mulai dari tanda berdiri di lift, garis-garis pemisah saat akan masuk dan lakukan pengecekan suhu tubuh, hingga total pengunjung yang dibatasi demi mengurangi kemungkinan terjadinya kerumunan. Begitu juga saat menaiki eskalator, jangan lupa untuk mengambil jarak dari pengunjung lain minimal 1 meter.

 

2-Saat membeli  makanan di restoran

Happy deh saat tahu restoran favorit kini kembali buka setelah sempat tutup akibat pandemi. Kini beberapa restoran atau tempat makan di pusat perbelanjaan mulai melayani pelanggan yang ingin makan di tempat alias dine in, tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

Jika ingin menikmati makan di tempat, pastikan Anda menerapkan protokol menjaga kebersihan diri dengan disiplin. Misalnya mencuci tangan sebelum makan dan hindari menyentuh benda lain yang berpotensi disentuh banyak orang.

 

Jika perlu, bawa peralatan makan sendiri untuk memastikan kebersihannya. Namun jika ingin lebih leluasa menyantap makanan kesukaan, lebih baik ambil pilihan take away dan nikmati di rumah.

 

(eth; wri; Wuri;  Bahan dari  ::  https://www.merdeka.com/gaya/tips-aman-belanja-di-mall-selama-new-normal-virus-jauh-jauh-deh.html?page=1)-FatchurR * Bersambung……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close