Opini dan sukses bisnis

Usaha Makanan Hingga Jadi Reseller Bansos

(economy.okezone.com)-JAKARTA; Para pekerja dengan gaji pas-pasan atau di bawah Rp5 juta akan dibantu pemerintah. Nantinya para pekerja ini akan mendapatkan Rp600.000 per bulan selama 4 bulan.

 

Bagi sebagian orang yang mendapatkan bantuan tersebut berencana menggunakannya untuk membuka usaha baru. Namun biasanya mereka masih bingung untuk membuka usaha jenis apa.

 

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan, sebelum membuka usaha, ada baiknya melakukan penelitian yang mendalam. Salah satu contohnya adalah dengan meneliti apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat di tengah pandemi virus corona.

 

“Nah saran saya sebelum membuka usahanya teliti dulu. Kebutuhan masyarakat yang terkait. Misalnya yang paling gampang sekarang ini yang terkait kebutuhan karena dampak pandemi,” ujarnya saat dihubungi Okezone, (8/7/2020).

 

Menurut Mike, selain melihat kebutuhan pasar harus diperhatikan kebutuhan modalnya. Hal ini untuk mengetahui potensi pemasukan dan pengeluaran saat membuka bisnis tersebut.

 

“Rp600.000 terus mau buka usaha terus mau meneliti kebutuhan pasar lebih dulu. Ya uang kita bisa habis begitu saja buat apa. Misalnya cuma buat beli barang dagangannya saja akhirnya nggak laku ya makan sendiri,” jelasnya.

 

Sebagai salah satu contohnya adalah membuka usaha masakan rumahan. Karena saat pandemi seperti ini, kebutuhan akan makanan sedang tinggi apalagi dengan adanya kebijakan bekerja dari rumah (Work From Home/WFH).

 

“Misalnya yang paling gampang sekarang ini yang terkait kebutuhan karena dampak pandemi. Misalnya anda kreasi makanan rumahan yang bisa disimpan awet. Anda mungkin bisa bikin sendiri,” jelasnya.

 

(kmj; Giri Hartomo; Bahan dari : https://economy.okezone.com/read/2020/08/08/320/2259015/usaha-makanan-rumahan-hingga-jadi-reseller-dari-bansos-rp600-000?page=1)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close