Kesehatan

Jaga Kebersihan Tangkal Penyakit Tifus

(lifestyle.sindonews.com)-JAKARTA;   Jaga kebersihan diri perlu agar terhindar dari bermacam penyakit. Namun, banyak orang yang tidak paham cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan benar padahal hal ini jadi rutinitas yang dilakukan.

Banyak yang belum paham jaga lingkungan itu salah satu cara pencegahan tifus. Dengan memelihara kebersihan diri dan sanitasi lingkungan, maka kondisi fisik dan psikis akan optimal. PHBS adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan para ahli mengatakan masyarakat agar mengerti dan paham PHBS.

 

Hal ini  agar masyarakat makin aware pada penyakit akibat lingkungan yang tidak sehat. Aspek yang dianggap penting dalam kesehatan lingkungan adalah lingkungan, perilaku, kesehatan.

 

Dokter Umum dari Primaya Hospital Bekasi Barat, dr. Alridho mengatakan Salah satu penyakit  karena lingkungan tidak sehat itu penyakit tifus. Tifus merupakan penyakit infeksi akut yang disebabkan bakteri salmonella typhi. Penyakit ini akibat lingkungan yang kurang bersih dan makanan yang tidak higienis.

“Penyakit tifus menular dengan berbagai cara seperti penularan melalui air dan makanan yang tercemar oleh air seni dan tinja penderita penyakit ini. Tifus juga ditularkan kotoran yang dibawa lalat dan kecoa serta menempel di tempat yang dihinggapinya,” terang dr Alridho. Tifus pada dasarnya memiliki gejala  umum. Karena itu, kita perlu memahami gejala tifus agar dapat ditangani secara cepat.

 

Gejala penyakit tifus diantaranya demam tinggi lebih dari seminggu, terutama sore dan malam, Sakit kepala, Lidah kotor, mulut kering, mual, muntah, dan nafsu makan menurun, Sakit perut dan diare pada anak-anak atau sembelit (sulit buang air besar) pada orang dewasa, pembengkakan hati dan/ limpa sehingga terasa nyeri bila diraba dan badan lemas.

 

Pencegahan tifus bisa dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan diantaranya, Biasakan melindungi makanan dari hewan pembawa penyakit seperti lalat, kecoa, dan tikus, cuci tangan dengan sabun setelah buang air dan sebelum makan, hindari membeli jajanan di tempat yang kurang bersih, Sediakan air minum yang memenuhi syarat, dan vaksinasi tifoid.

“Jangan lupa selalu menjaga kebersihan diri setelah beraktivitas. Perhatikan sanitasi lingkungan agar tetap bersih supaya tidak mudah terkena penyakit akibat lingkungan sekitar yang tidak sehat seperti penyakit tifus,” imbuh dr Alridho.

 

(Iman Firmansyah; ysw; Bahan dari : Koran Sindo dan https://lifestyle.sindonews.com/read/152826/155/jaga-kebersihan-untuk-tangkal-penyakit-tifus-1599106164)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close