Aku cinta Indonesia

Neraca Perdagangan Surplus USD 875M Tertinggi Sejak 2011

(merdeka.com)- Mendag, Agus Suparmanto mencatat neraca perdagangan Indonesia tahun 2020 selama pandemi covid-19 surplus USD 8,75 miliar. Angka surplus ini diklaim tertinggi sejak 2011.

 

“Hasilnya neraca perdagangan Migas defisit USD 3,82 miliar dan non-migas surplus sebesar USD 12,5 miliar,” kata Agus High Impact Seminar dan Kick Off Program BI Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia secara virtual, Minggu (30/8).

 

Namun pandemi covid-19 mempengaruhi kinerja perdagangan global. Ekspor migas dan non-migas Indonesia di tahun 2020 mengalami penurunan 6,21%, dibandingkan dengan tahun lalu.

 

Khusus impor migas dan non-migas turun 17,77% dibandingkan tahun sebelumnya. Pergerakan kinerja positif perdagangan tercermin dari nilai ekspor Indonesia di bulan Juli 2020 yang mencapai USD 13,73 miliar atau meningkat 14,303% dibanding ekspor Juni 2020, yang menghasilkan neraca perdagangan Indonesia surplus.

 

Selain itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) sektor informasi dan komunikasi tumbuh positif 10,305 persen di Kuartal II 2020, di tambah dengan jumlah pengguna internet di tanah air meningkat menjadi 143 juta jiwa atau sekitar 64 persen dari total populasi.

 

Dampak berbagai sektor

Menurutnya, dengan kondisi covid-19 sejak 12/3/20 erdampak pada berbagai sektor, tidak terkecuali sektor perdagangan. Padahal, perdagangan merupakan kunci pertumbuhan ekonomi bagi Indonesia.

 

“Oleh karena itu sektor harus selalu bergerak terus dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Maka dengan demikian percepatan pemulihan ekonomi dapat dicapai dengan merangkul pelaku usaha di sektor tersebut,” pungkasnya.

 

(udr; Reporter: Tira Santia; Reporter Merdeka; Bahan dari : Liputan6.com dan https://www.merdeka.com/uang/mendag-agus-neraca-perdagangan-surplus-usd-875-miliar-tertinggi-sejak-2011.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close