Psikologi

Taman Minimalis Di Rumah Ini Filosofi Dari Barat Dan Timur

Kompleks Perumahan umumnya berlahan sempit. Sehingga jika penghuninya menyukai atau hobi tanaman hias,  maka segala  upaya dilakukan untuk mendapatkan  solusi. Seperti yang dilakukan tetangga saya yang berinisial M memanfaatkan lahan yang relatif tidak luas.

 

Tampilan tanamannya makin indah diantaranya karena tertular cara merawatnya dari tetangga lainnya (inisial bu Nanik), Keluarga PMP Telkom. Berikut disajikan perbedaan filosofi tanaman ditempat yang lahannya tidak luas darisumber berikut ini

 

(economy.okezone.com)-JAKARTA; Minimalis saat ini menjadi tren di segala kalangan. Dalam segi hunian atau segi taman pelengkap.  Taman minimalis yang diciptakan pada hunian berkarakter sederhana dan efisien dalam pemakaian ruang serta tergolong mudah untuk pemeliharaan.

 

Hal itu menjadikan taman berkonsep minimalis digemari banyak pemilik rumah. Dalam taman minimalis sendiri memiliki dua filosofi, yakni filosofi barat dan timur. Keduanya tentu memiliki pengertian yang berbeda.

 

Mengutip dari buku ’40 Inspirasi Desain Taman Minimalis’ karya Nirwono Joga dan Ita Puspitasari, Jakarta, Rabu (2/9/2020). Berikut filosofi taman minimalis:

 

1-Filosofi Barat

Filosofi Barat yakni filosofi pada taman minimalis yang cenderung rasional dan fungsional. Lebih menekankan pada fungsi sehingga setiap ruang yang berada di lahan dimanfaatkan sebagai taman.

 

Ekspresi kejujuran dalam desain filosofi ini dominan, sebab penggunaan material yang polos atau penggunaan elemen dekoratif yang sangat minim. Filosofi Barat juga memiliki tata ruang yang sederhana. Filosofi Barat terlihat lebih berani dan mempertegas konsep minimalis.

 

2-Filosofi Timur

Konsep taman pada Filosofi Timur dipengaruhi oleh paham Zen-Budhisme, yakni paham Budha yang sangat filosofi. Filosofi ini tentunya memiliki nilai spiritual.

 

Ada kesan jernih, polos, bening dan hening dari konsep ini sehingga memberi suasana tenang dan nyaman dalam ruang terbatas. Taman dengan filosofi ini memiliki filosofi yang berperan sebagai penyelaras antara bangunan dan lingkungan sekitar.Taman ini juga menjadi energi untuk terapi fisik dan spiritual bagi penggunanya.

 

(rzy; Natasha Oktalia; Bahan dari : https://economy.okezone.com/read/2020/09/02/470/2271267/punya-taman-minimalis-di-rumah-ini-filosofi-dari-barat-dan-timur)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close