Kesehatan

Asap Rokok Menurunkan Imun Tubuh

(beritasatu.com)-JAKARTA; Kebiasaan merokok berdampak penularan Covid-19. Asap rokok yang dihirup dapat melemahkan daya tahan tubuh sehingga Covid-19 mudah menyerang tubuh seseorang. Selama belum ada obat dan vaksin Covid-19, benteng pertahanan tubuh adalah imunitas.

 

Ini diungkapkan aktivis pengendali tembakau, Fuad Baradja, saat berdiskusi santai webinar bertajuk “Membangun PSBB di Tingkat Lokal melalui Kampung Tanpa Rokok,” (18/9/20) petang.

 

Webinar digagas Forum Warga Kota Indonesia (Fakta) mengundang M Nur Kasim Ketua RT Kampung Tanpa Rokok Cililitan, Jakarta Timur dan belasan warga Jakarta yang peduli bahaya rokok.“Asap rokok penyebab daya tahan tubuh melemah sehingga memudahkan Covid-19 menyerang tubuh” ujar Fuad Baradja yang sudah 22 tahun mengkampanyekan antirokok.

 

Dasar pemikirannya, asap rokok yang mengandung nikotin, tar, karbon monoksida, masuk ke tubuh akan mengurangi jumlah oksigen dalam darah sehingga tubuh kekurangan oksigen. Dampaknya, tenaga yang semestinya dihasilkan tubuh juga semakin berkurang.

 

“Itu makanya, yang merokok tampak tenaganya berkurang karena oksigen yang menghasilkan sumber tenaga telah berkurang dari proses peleburan karbon monoksida yang masuk ke dalam darah” katanya.

 

Dia imbau ke para anggota keluarga, agar tidak merokok di rumah. Apalagi, asap rokok, dihisap  anggota keluarga lain (perokok pasif). “Bila hal ini terus menerus, dalam jangka waktu yang lama, menjadi perokok pasif sama bahayanya dengan perokok aktif,” bebernya.

 

Untuk itu, perlu regulasi di tingkat pemerintah agar mengatur hak warga untuk mendapatkan lingkungan bebas asap rokok. “Diperlukan pemimpin yang dapat menyediakan tempat-tempat bebas dari asap rokok, sebagai pemenuhan akan hak untuk lingkungan udara yang bersih,” katanya.

 

Nur Kasim Ketua RT Kampung Tanpa Rokok Cililitan, menceritakan susahnya mewujudkan kampung  bebas asap rokok. “Perlu kesadaran warga. Hal ini tidak gampang”. Dia kerap mensosialisasikan selama masa pandemi Covid-19. “Akhirnya, banyak warga yang sadar bahaya merokok dan berhenti merokok,” imbuhnya.

 

(Mikael Niman; JAS; Bahan dari  : BeritaSatu.com dan  https://www.beritasatu.com/jaja-suteja/kesehatan/678001/asap-rokok-turunkan-imunitas-tubuh)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close