Kesehatan

Cara Mudah Bantu Menghentikan Bersin Yang Mengganggu

(m.merdeka.com)- Kondisi bersin terutama yang terjadi berulang kali dalam tempo singkat merupakan hal yang menganggu. Kondisi ini juga bisa memunculkan kekhawatiran pada orang lain terutama pada masa-masa seperti sekarang.

 

Masalah ini bakal terjadi beberapa waktu sebelum menghilang. Ada penyebab Anda bersin-bersin. Masalah seperti penyakit paru-paru atau asma itu penyebab umum. Kondisi ini membuat jaringan yang membawa udara ke paru-paru berkontraksi. Masalah lain juga mempersempit saluran pernapasan. Hal ini bisa berupa infeksi pernapasan atau reaksi alergi.

 

Cara bernapas dengan merapatkan bibir sangat tepat diterapkan ketika bersin-bersin akibat napas memendek. Hal ini biasanya disarankan ketika Anda punya asma yang menjadi penyebab bersin-bersin.

 

Anda bisa melakukan cara itu dengan menerapkan langkah berikut:
– Duduk dan lemaskan otot pundak dan leher,
– Tutup mulut dan bernapas melalui hidung dalam dua hitungan.
– Rapatkan bibir seperti ketika kamu meniup lilin.
– Embuskan napas perlahan via bibir 4 hitungan. Keluarkan udara dari paru-paru tanpa memaksakan.
– Ulangi hingga napasmu terasa lebih ringan.

 

“Olahraga pernapasan seperti bernapas dengan merapatkan bibir tidak selalu menghentikan bersin atau bronkospasma pada pasien dengan asma,” terang Stanley Fineman, MD, pakar alergi dari Atlanta Allergy & Asthma.

 

Coba bernafas dengan perut

Teknik deep belly breathing bisa membantu mengatasi bersin yang disebabkan kecemasan. Cara ini bisa melatih diafragma dengan mengalihkan tekanan dari kerongkong bronkial yang menyebabkan bersin.

 

Cara ini bisa diterapkan dengan melakukan langkah sebagai berikut:
– Tiduran telentang dengan lutut menekuk dan telapak kaki menapak.
– Tempatkan satu tangan di perut, lainnya di dada sehingga bisa merasakan naik dan turunnya napas.
– Tarik napas melalui hidung, rasakan tangan di perut yang naik dan biarkan dada dalam posisi tepat.
– Rapatkan bibir dan embuskan napas, tekan otot perut ke dalam dan biarkan dada tetap.
– Ulangi hingga bernapas pelan dan jadi lebih ringan. Seiring waktu, coba lakukan hal ini sambil duduk.

 

Konsumsi  minuman  hangat

Mengonsumsi minuman hangat bisa membantu meredakan bersin yang disebabkan  penumpukan ingus. Konsumsi teh herbal atau air putih hangat bisa membantu melegakan saluran udara.

 

Ketika bersin yang kamu alami terjadi akibat menumpuknya lendir di tenggorokan akibat rasa dingin, minuman hangat bisa membantu meringankannya dengan mudah. Cairan dengan suhu di atas temperatur ruangan juga bisa membantu meredakan masalah pernapasan.

 

Walau begitu, hindari juga konsumsi minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas. Bukannya meredakan masalah, hal ini malah justru membuat masalah bersin-bersin yang kamu alami memburuk.

 

Menghirup uap

Menghirup uap itu mengatasi masalah yang disebabkan karena udara kering. Walau begitu, hal ini bisa tergantung dengan gejala yang dialami.

 

Menghirup udara kering bisa menyebabkan iritasi saluran pernapasan. Ketika bersin terjadi akibat panas, maka menghirup uap ini jangan dilakukan karena bisa memperburuk kondisi. Pada kondisi ini, Anda bisa menggunakan humudifier untuk meningkatkan kelembapan udara di sekitar Anda.

 

Gunakan Inhaler

Menggunakan inhaler bisa sangat membantu mengatasi bersin-bersin akibat asma. Inhaler biasanya mengandung albuterol yang bisa membantu membuka saluran pernapasan.

Walau begitu, penggunaan inhaler tidak selalu berhasil untuk mengatasi masalah bersin-bersin ini. Pada sejumlah penyebab bersin-bersin yang lain, cara penangan lain bisa mengatasinya dengan lebih tepat.

 

(mdk; RWP; Rizky Wahyu Permana;  Bahan dari  : https://m.merdeka.com/sehat/6-cara-mudah-dan-sederhana-menghentikan-bersin-yang-mengganggu.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close