Wisata dan Kuliner

Indonesia Punya Sungai Terpendek Di Dunia

(travel.okezone.com)-SIAPA sangka Indonesia punya sungai terpendek di dunia. Terletak di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sultra. Sungai Tamborasi 80 km dari pusat Kota Kolaka. Posisinya berbatasan dengan Kabupaten Kolaka Utara.

 

Untuk menuju Sungai Tamborasi pengunjung bisa menempuh melalui jalur darat dengan memakan waktu 2 jam, perjalanan ditemani dengan pemandangan bukit dan laut yang sangat memesona.

 

Dilansir dari video YouTube channel Official iNews, Sungai Tamborasi dijuluki sungai terpendek di dunia sebab hanya memiliki panjang 20 meter. Air Sungai Tamborasi mengalir dari dalam Tebing Karst dan mengalir hingga laut yang ada di depannya.

 

“Nah setelah 2 jam perjalanan, sampai juga saya di tempat ini. Saya mau banget ke tempat ini karena unik banget. Di belakang saya ada aliran air yang menuju ke laut yang datangnya dari Tebing Karst di belakang saya ini,“ ujar Presenter Sasqia Putri.

 

Adanya tebing karst yang memunculkan dugaan bahwa Sungai Tamborasi ini lanjutan dari aliran sungai bawah tanah yang tak terlihat di permukaan. Sungai Tamborasi memiliki air yang jernih dan berwarna hijau.

 

Sehingga pemandangan di sekitarnya terlihat indah dan memiliki karakteristik terdapat bukit-bukit di sekitarnya, cekungan-cekungan dan gua di dalam tebingnya, serta terdapat sungai di bawah tanah. Warga setempat pun biasa memanfaatkan aliran Sungai Tamborasi ini untuk bermain air atau mandi.

 

“Saya enggak nyangka kalau air di tempat ini dingin banget. Saya enggak ngerti lagi kenapa adik-adik di belakang kuat banget main dari tadi sampai sekarang enggak berhenti-henti,” ungkap Sasqia.  Di Sungai Tamborasi juga terdapat akar pohon harapan. Pohon ini punya mitos yang dipercaya masyarakat sekitar Sungai Tamborasi.

 

Bila mengikatkan tali pada akar-akar pohon di tepian sungai Tamborasi dipercaya akan mendapat jodoh bagi yang lajang. Nah bagi yang telah berumah tangga, hubungannya akan harmonis. “Ini kalau bagi yang single akan dapat jodoh, kalau yang sudah berkeluarga rumah tangganya makin harmonis,” tutur Sugianto Hutkri, warga setempat.

 

Dengan keindahan dan keunikan yang ada, sungguh sayang jika Sungai Tamborasi dilewatkan begitu saja, ketika Anda sedang bepergian di Kabupaten Kolaka. Mau mampir?

 

(dwk; Eka Putri Wahyuni; Bahan dari : https://travel.okezone.com/read/2020/10/07/408/2290025/siapa-sangka-indonesia-punya-sungai-terpendek-di-dunia)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close