Islam

Memaafkan Tak Mudah Tapi Dianjurkan

(republika.co.id)-Memaafkan itu bagian dari akhlak mulia yang diajarkan Rosul SAW.   Abdullah al-Jadali berkata, ”Aku bertanya ke Aisyah RA tentang akhlak Rasul SAW. Dia jawab, ‘Beliau bukan orang keji (perkataan dan perbuatan), suka : kekejian, berteriak di pasar atau membalas kejahatan dengan kejahatan, tapi suka memaafkan.” (HR Tirmidzi).

 

Umat Islam diperintahkan memaafkan kesalahan orang lain padanya. Rasul SAW  bersabda: ”Orang hebat bukan yang menang pergulatan. Orang hebat itu yang (mampu) mengendalikan nafsunya ketika marah.  Memaafkan  dan mengampuni juga perbuatan yang diperintahkan Sang Khalik ke umatnya. Dalam surat al-A’raaf ayat 199,

 

Allah SWT berfirman:  ”Jadilah kau pemaaf dan suruh orang mengerjakan yang makruf serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh.”

 

Pada surat al-Hijr ayat 85, Allah SWT  berfirman: ”Maafkan (mereka) dengan cara yang baik.” Allah SWT memerintahkan Rasul SAW memaafkan orang musyrik atas tindakannya menyakiti dan mendustakan beliau.  Sebab, Allah SWT  menyukai hamba-Nya yang berbuat kebajikan dan memaafkan. ”Orang yang bersabar dan memaafkan (perbuatan) itu termasuk yang diutamakan.” (QS: asy-Syuura; 43).

 

Menurut Syekh Mahmud al-Mishri di kitab Mausu’ah min Akhlaqir-Rasul, memaafkan itu pintu terbesar menuju terciptanya rasa saling mencintai di antara manusia. ”Jika orang lain mencerca kita, sebaiknya kita balas dengan memaafkan dan perkataan yang baik,” ungkap Syekh al-Mishri.

 

Ketika seorang berbuat jahat ke kita, seharusnya kita balas dengan berbuat baik padanya.  Allah SWT selalu menolong kita selama memiliki sifat memaafkan dan kebaikan. Memaafkan itu orang baik.  Allah SWT berfirman di surat  asy-Syuraa ayat 40: ”Balasan kejahatan adalah kejahatan yang setimpal, tetapi yang memaafkan dan berbuat baik (pada orang yang berbuat jahat) maka pahalanya dari Allah…”

 

(Red: Nashih Nashrullah;  Bahan  dari :  Harian Republika dan https://republika.co.id/berita/qg3a36320/memaafkan-tak-mudah-tapi-mengapa-sangat-dianjurkan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close