Opini dan sukses bisnis

Si Cantik Liying Warren Buffet Wanita Dari China

(cnbcindonesia.com)-JAKARTA; Investor dan tangan kanan Jack Ma, Li Ying jadi wanita terkaya di China. Ia dijuluki Warren Buffet versi perempuan  negara tirai bambu. Jack Ma, orang terkaya di China, minta Li pindah hingga 3x dari Silicon Valley untuk menjalankan Yunfeng Capital, firma ekuitas swasta miliknya.

 

Perusahaan ini fokus pada perusahaan berteknologi tinggi dan energi baru.  Li setuju dan jadi salah satu pendiri bersama Ma dan David Yu. Mengelola ratusan miliar, Li bersaing dengan pengembang properti kelas kakap China, Yang Huiyan untuk mendapat gelar wanita terkaya di China. Kekayaan bersihnya tidak terungkap, tapi laporan media China menunjukkan total asetnya lebih dari 10 miliar yuan (Rp 20 triliun).

Tidak banyak info tentang Li di luar sana. Dia dikenal penggemar supercar, dan gemar mengoleksi Bentley, Mercedes-Maybach dan Rolls-Royce Phantom merah. Menurut South China Morning Post, Li dibesarkan di Shenzhen, sampai tahun kedua sekolah menengah ketika orang tuanya menyarankan dia  studi di AS.

 

Dia awalnya benci gagasan pindah tapi setelah membuat kesepakatan dengan ortuanya, untuk melewatkan beberapa kelas (SMA), dia setuju pindah. Dia jauh lebih maju dari rekan-rekannya dan diterima oleh MIT, Yale dan Stanford di usia (17). Dia pilih MIT dan menyelesaikan studinya 3 tahun.

 

Saat berusia 20 tahun, dia memiliki gelar Sarjana Sains dalam bidang ilmu komputer. Bukan hanya itu, ia juga mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dan Master dalam bidang teknik elektronik dan ilmu komputer.

Pekerjaan pertama Li di McKinsey & Company, dia menjadi konsultan manajemen di Silicon Valley. Selama 13 tahun berikutnya, dia kerja untuk perusahaan investasi Wall Street papan atas seperti Ikano, UT dan KPCB dan dengan cepat naik pangkat.

Saat itulah Jack Ma ‘menemukan’ bakat dan kemampuannya. Alibaba Group ingin berkembang dan dengan resume serta pengalaman kerjanya yang mengesankan, Ma butuh upaya keras membujuknya bergabung dengannya di Yunfeng Capital.

Li diangkat menjadi manajer umum dewan direksi dan bertanggung jawab atas investasi di bidang teknologi tinggi dan energi baru. Kesuksesannya di perusahaan membuat pendanaan awal Yunfeng Capital tumbuh hingga puluhan miliar yuan.

Dia meninggalkan perusahaan tahun lalu, menurut LinkedIn, dan telah mendirikan perusahaannya sendiri. Li terkenal dengan sosok yang enggan menonjolkan diri. Media Hong Kong itu menyebutnya kombinasi antara kecantikan dan kecerdasan.

 

(sef; sef;

Lynda Hasibuan; Bahan dari : https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20201008154741-33-192876/kenalkan-si-cantik-li-ying-warren-buffet-wanita-dari-china)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close