Iptek dan Lingk. Hidup

Indikasi Penyebab Knalpot Berasap Putih

(cnnindonesia.com)- Jakarta, Saat mesin mobil bensin menyala kadang mengeluarkan asap putih  dari lubang pembuangan gas buang (knalpot). Kondisi ini merupakan tanda bila mobil bermasalah atau tidak. Auto2000 menjelaskan ada beberapa faktor mengapa hal tersebut bisa terjadi. Berikut ulasannya.

 

Oli Bocor

Jika knalpot berasap putih tentu kita harus berwaspada sebab ada kemungkinan oli mesin bocor lalu masuk ke ruang pembakaran. Gangguan itu bikin pembakaran tidak sempurna kemudian menimbulkan asap putih keluar dari lubang knalpot.

 

Jangan membiarkan masalah ini terlalu lama. Semakin sering pelumas bocor, maka volumenya pasti susut bahkan habis. Jika begitu mobil bisa saja mengalami mogok hingga harus turun mesin.

 

Sejumlah penyebab oli bocor ke ruang bakar di antaranya kerusakan pada gasket, klep, silinder mesin aus, atau ada retakan di dinding silinder. Hal ini juga yang membuat mesin menjadi susah dihidupkan saat pagi hari ketika mau dipanaskan.

 

Cairan Pendingin Mesin Bocor

Cairan pendingin yang bocor ke ruang bakar atau sistem knalpot juga bisa menghasilkan asap putih. Kebocoran cairan pendingin bisa dipicu retakan pada dinding silinder. Efek hal itu membuat suhu mesin kerap naik karena pendinginan terus berkurang.

 

Sisa Air pada pipa knalpot

Air bisa tertinggal di dalam pipa knalpot misalnya usai diguyur hujan, melewati banjir, atau habis dicuci. Saat mesin menyala air yang terperangkap bakal menguap lalu mengeluarkan seperti asap putih melalui knalpot.

 

Masalah ini biasanya hanya berlangsung sebentar, jika penguapan selesai maka asap putih akan hilang dengan sendirinya. Namun jangan biarkan air selalu masuk ke dalam knalpot karena bisa membuat pipa pembuangan cepat keropos dan berlubang.

 

(ryh/fea;  Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201017114658-389-559520/3-indikasi-penyebab-knalpot-sembur-asap-putih)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close