Aku cinta Indonesia

Sepuluh Jalan Tol Nasional Siap Diresmikan

(finance.detik.com)-JAKARTA;  Pembangunan infrastruktur seperti jalan itu program kerja terbesar pemerintahan Presiden Jokowi. Hingga akhir 2020, ada 10 ruas jalan tol dan nasional yang siap diresmikan.

 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan Jalan Tol yang siap diresmikan Pertama Jalan Tol Layang Ujung Pandang Seksi 3 (AP Pettarani) di Sulsel 4,3 km. Konstruksi jalan tol ini sudah 100% dan siap diresmikan Jokowi.

 

“Di bidang Bina Marga yang siap diresmikan, Jalan Tol Layang Ujung Pandang Seksi 3. Ini kemungkinan minggu ini akan diresmikan Presiden kita tunggu tanggal beliau” kata Basuki saat rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Jakarta Pusat, (16/11/2020).

 

Ruas  Kedua yang siap yakni Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Seksi 1-3 (Krian-Bunder) di Jatim 29 km. Ruas ketiga Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 (km 13-Samboja) di Kaltim. “Jalan Tol Krian-Bunder, Jalan Tol Balikpapan- Samarinda ini Desember,” ucap Basuki.

 

Keempat, ruas Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin-Kayu Manis) di Jabar. Kelima, Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1 tahap 1B (Kayu Agung-Jakabaring-SS Kramasan) di Sumsel 42 km. “Jalan Tol Bogor, Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung ini juga Desember karena ada beberapa longsoran yang harus diperbaiki,” tuturnya.

 

Keenam, Jalan Tol Medan-Binjai Seksi 1 Segmen 1B-1D di Sumatera Utara.  Ketujuh, jalan tol terakhir yang siap diresmikan tahun ini yakni Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 1 dan 2A di Jawa Barat dan Jakarta.

 

Kedelapan, jalan yang siap diresmikan yakni Jalan Akses Patimban di Jabar 8,2 km. Jalan ini disebut akan diresmikan oleh Jokowi bersamaan dengan operasional Pelabuhan Patimban. “Patimban ini bukan jalan tol, tapi ini jalan nasional Patimban penghubung jalan nasional pantura dengan pelabuhan,” jelasnya.

 

Kesembilan,  ada Jembatan Tumbang Samba di Kalteng. Terakhir, Jembatan Gantung Palopo di Sulasel siap diresmikan sepanjang 84 meter. “Jembatan Tumbang Samba ini selesai dikerjakan, kemudian Jembatan Gantung Palopo itu selesai karena jembatan yang asli dibawa hanyut banjir,” tandasnya.

 

(ara; ara; Anisa Indraini;  Bahan dari : https://finance.detik.com/infrastruktur/d-5257037/10-jalan-tol-nasional-siap-diresmikan-jokowi-ini-daftarnya?tag_from=wpm_nhl_2&_ga=2.162001788.173266338.1605444688-463280980.1577558259)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close