Selingan

Tukang Aduk Kopi Milik Dosen Perwira TNI Raih Gelar Magister Di UIN Sunan Ampel

(hot.grid.id/read)-Perjuangan Letda Laut (KH) Ahmad Zulal Abu Main, S.H., M.H. meraih mimpinya patut diacungi jempol. Abu yang dulu sering membuatkan Kopi untuk para dosen, kini jadi Mahasiswa terbaik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA).

 

Dalam Prosesi Wisuda Ke-92 UINSA, salah satu anak buah Panglima TNI Marsekal  Hadi Tjahjanto itu secara resmi menyandang gelar M.H. Selain bergelar MH, pemuda kelahiran Gresik, 10/8/1996 itu resmi jadi Letda Laut (KH).

 

Abu lulusan fenomenal dengan bergelar Perwira TNI berkat berkah jadi tukang aduk gelas kopi dosen di Sekretariat IKA UINSA yang ditekuninya saat mahasiswa. “Jadi fulltimer, membuat kopi, membersihkan kamar mandi, menyiapkan tempat ketika ada rapat, bahkan jadi tukang cuci piring,” ujar Abu kepada SURYA.co.id, (22/10/2020).

 

Meraih gelar Magister dalam 4 semester sambil ikut pendidikan militer (dikmil) membuat alumni Hukum Tatanegara (HTN) FSH ini tertinggal di semester-3. “Saya masuk dikmil pas semester tiga. Mulai Agustus sampai Desember,” ungkapnya.

 

“Pulang dikmil, keterlambatan di semester-3 saya berusaha kejar dan minta tugas pada Dosen. Semester 3 tinggal 3 mata kuliah, semester 4 tesis”. Secara perhitungan manusia, ia diperkirakan tidak masuk  perhitungan TNI. Mengingat berat badan saat seleksi 44 kg, tinggi 163 cm, gigi depan patah sebagian. Bahkan, Abu baru belajar berenang H-2 tes nasional.

 

“Saat tes nasional saya lupa gerakan kaki dan tangan saat berenang, alhasil sampai 15 meter, namun saya berhasil ini mungkin berkah atas apa yang sudah saya lakukan selama ini,” “Termasuk jadi tukang aduk gelas kopi para dosen selama jadi mahasiswa,” ungkapnya yang ditakdirkan jadi Perwira Khusus Rohaniawan TNI ini.

 

Meski diragukan saudaranya, semangat Abu menuntut ilmu makin membara. Semua itu tak lepas dari dukungan kedua orangtuanya. “Keluarga itu moodbooster utama. Yah, secara fisik materil keluarga tidak terlalu,” tuturnya. “Tapi secara spiritual apa yang saya capai hasil doa-doa ibu dan bapak saya,” sambung mahasiswa bidikmisi ini.

 

Selain prestasi akademik, Abu juga mencatatkan berbagai prestasi non akademik lainnya. Tercatat tujuh kompetisi kejuaraan ia kantongi. Salah satunya menjadi juara 1 dalam ajang lomba Debat Hukum Nasional di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta tahun 2018 bersama Tim Law Debat Community (LDC) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) dan juga sempat menjadi Duta Genre Kabupaten Gresik pada tahun 2017. (*)

 

Artikeel ini telah tayang di surya.co.id berjudul “Perwira TNI AL ini dulu bantu bantu buat Kopi, Kini jadi Mahasiswa Terbaik UIN Sunan Ampel Surabaya”

 

(zia Bahan dari : https://hot.grid.id/read/182394540/awalnya-jadi-tukang-aduk-kopi-milik-dosen-perwira-tni-al-ini-akhirnya-raih-gelar-magister-di-uin-sunan-ampel-surabaya-begini-kisahnya?page=all)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close