Hobi danKetrampilan

Aglonema Busuk Akarnya Dan Cara Menyelematkannya

(portaljember.pikiran-rakyat.com)- Boomingnya tanaman aglonema di musim pandemi, membuat suramnya masa sulit sedikit berkurang. Orang-orang dapat energi positif oleh hobi yang menyegarkan mata dan ruangan ini.

 

Meski, mengatasi masalah aglonema, terutama pemula, membingungkan dan membuat sedih. Yang umum dialami pecinta baru (pemula) pada aglonema miliknya ini tanaman yang saat baru dibeli tampak segar, tiba-tiba keok. Daun aglonema menguning dan lesu. Apa yang terjadi?

 

Pemula pasti panik dan bingung, jika tanaman barunya begitui. Tenang, penyebab Busuk Akar. Jangan ragu membongkar media tanamnya. Akar tanaman busuk, umumnya, karena sering disiram. Kalau busuk bagaimana, dong? Berdasar solusi Busuk Akar PORTAL JEMBER rangkum dari kanal Youtube Flower Mix Manado, berikut tips menyelamatkannya  jika  akar membusuk.

 

1-Bongkar media tanamnya  dan periksa kondisi akarbta. Akar membusuk itu karena sering disiram. Ciri lain daun tampak menguning. Daun menguning ini tanda tanaman harus dibongkar nih dari dalam pot.

 

2-Cuci akarnya sampai bersih dan semua akar yang busuk.

3-Setelah bersih, potong akar yang busuk dengan pakai pisau bersih. Pastikan bagian yang dipotong itu tidak ada spot-spot warna kemerahan atau cokelat. Kalau tidak ada, maka batang yang akar busuknya telah dipotong itu sudah aman.

 

4-Hilangkan daun-daun yang sudah tidak produktif atau yang sudah menguning.

5-Olesi batang yang sudah dipotong akar busuknya dengan cairan atau pasta anti jamur/fungisida di tempat yang diiris atau tempat yang ada luka-lukanya. Merknya bisa apa saja.

6-Setelah diolesi dengan cairan atau pasta anti jamur/fungisida maka segera keringkan.

 

7-Setelah kering, tangkupkan daun yang tersisa dengan menggunakan karet, tidak usah terlalu rapat.

8-Tanam dalam media tanam yang sudah siap digunakan.

9-Beri produk perangsang penumbuh akar ya supaya cepat tumbuh kembali akar yang baru.

9-Siram pakai air dengan sedikit anti fungisida, sedikitnya 1 setengah sendok teh saja.

 

10-Sungkup tanaman dengan plastik supaya kelembabannya terjaga.

11-Taruh di tempat yang teduh. Dan tunggu beberapa minggu dan amati perkembangannya.

Selamat mencoba. ***

 

(Elvara Rocha Bella; Editor :  Dzikri Abdi Setia; Bahan dari :  https://portaljember.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-16805382/waduh-aglonema-keok-karena-busuk-akar-begini-cara-jitu-menyelamatkannya )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close