Aku cinta Indonesia

Berkat Digitalisasi AP-2 Sukses Layani Animo Test Covid-19

(indotelko.com)- JAKARTA (IndoTelko) – PT Angkasa Pura II (AP 2) berhasil melayani tingginya animo tes Covid-19 dengan mengaktifkan Airport Health Center  (AHC) di bandara-bandara yang didukung digitalisasi.

 

Di Bandara Soekarno-Hatta yang paling sibuk arus mudik periode Natal dan Tahun Baru 2020/2021, keberadaan AHC sangat membantu calon penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan khususnya terkait tes COVID-19.

 

Pada 24/12/2020 itu puncak arus mudik jelang Natal, jumlah calon penumpang pesawat yang tes COVID-19 di AHC Bandara Soekarno-Hatta mencapai 10.151 orang atau tertinggi selama ini.

 

Dari jumah itu, 1.281 orang, tes melalui pre-order service (pemesanan jadwal lebih dulu), lalu 457 orang drive thru service (tes tanpa turun kendaraan) dan 8.414 orang walk in service (datang ke lokasi tes).  Meski jumlah yang tes ini tertinggi selama ini, pelaksanaan tes COVID-19 berjalan lancar.

 

Kunci kelancaran tes COVID-19 ini didukung semakin optimalnya pre-order service yang dapat diakses melalui travelation.angkasapura2.co.id, aplikasi Indonesia Airport (INAirport), dan barcode di lokasi pre-order service.

 

“Pre-order service ini solusi mengkolaborasikan digitalisasi dan layanan offline untuk menjamin jadwal tes COVID-19 lebih terencana di bandara sehingga layanan AHC makin meningkat. Keberadaan pre-order service ini mendukung kelancaraan pelaksanaan tes secara keseluruhan,” katanya.

 

Dia katakan pre-order service ini fungsi kontrol pelaksanaan tes COVID-19 di bandara. “Artinya, dengan pre-order service ini calon penumpang pesawat dapat memilih jadwal tes yang terbaik dengan mempertimbangkan jadwal keberangkatan. Di sisi lain, PT AP-2 dapat mendistribusikan dengan baik permintaan tes, menghindari antrean sehingga protokol kesehatan diterapkan penuh,” jelas Awaluddin.

 

Selain fungsi control, pre-order service ini memberi kepastian (certainty) jadwal pelaksanana tes yang secara langsung berdampak pada meningkatnya kenyamanan (convenient) calon penumpang pesawat dalam melakukan tes COVID-19.

 

Keunggulan pre-order service juga diakui calon penumpang, dapat dilihat dari jumlah orang yang memilih layanan ini meningkat tiap harinya. Pada 2/12 atau sehari setelah layanan ini diluncurkan, jumlah yang memilih pre-oder service 400 orang, lalu 23/12/20 meningkat jadi 700an orang, dan pada 24/12/20 tembus di atas 1.000 orang.

 

PT AP-2 menyarankan bagi calon penumpang yang ingin tes COVID-19 di Bandara sebaiknya memilih pre-order service. “Tes COVID-19 di Bandara Soekarno-Hatta mudah sekali dengan pre-order service. Pesan jadwal lebih dulu, lalu datang sesuai jadwal yang dipesan. Aplikasi travelation akan mendistribusikan jadwal tes COVID-19 sehingga antrean bisa singkat di layanan pre-order” jelasnya.

 

Anggota Ombudsman RI Alvin Lie sempat melihat pelaksanaan pre-order service ini. Alvin Lie sempat mewawancarai calon penumpang yang memilih pre-order service.

 

“Daftar dulu, pre-order. Luar biasa cepat, tidak ada 15 menit selesai [pelaksanaan tes COVID-19]. Yang penting daftar online. Jangan walk in, jangan susah-susah. Cari aman, digital,” ujar calon penumpang pesawat itu ke Alvin Lie, usai melakukan tes COVID-19 dengan pre-order service.

 

Layanan AHC makin lengkap. Ada alternatif dalam pelaksanaan tes COVID-19 ini membuat layanan AHC lebih lengkap. Layanan semacam ini diapresiasi sejumlah pihak, termasuk Ketua Harian YLKI Tulus Abadi.

“Saya mengapresiasi PT AP-2, atas kreasinya membuat pelayanan rapid test antigen dengan tiga kanal sekaligus yaitu walk in service, drive in/drive thru, dan travelation [pre-order service]. Banyaknya akses untuk rapid test antigen penting untuk menjamin kenyamanan, kemanan dan kecepatan konsumen mengakses rapid test,” ujar Tulus Abadi.

 

Adapun layanan yang lebih lengkap juga turut didukung dengan lokasi Airport Health Center yang semakin banyak di Bandara Soekarno-Hatta, terdapat di:

 

1-Airport Health Center di T1 (Walk in service)
2-Airport Health Center di T2 (Stasiun Skytrain – Walk in service)
3-Airport Health Center di T2 (Terminal 2D – Pre-order service)
4-Airport Health Center di T3 (SMMILE Center – Walk in service)
5-Airport Health Center di T3 (area lounge umroh – Pre-order service)
6-Drive Thru tes di lapangan parkir T3
7-Drive Thru tes di lapangan parkir T2
8-Drive Thru tes di lapangan parkir T1

 

Kombinasi lengkapnya pilihan melakukan tes COVID-19, juga pre-order service, ditambah banyaknya lokasi AHC, maka tes di Bandara Soekarno-Hatta terdistribusikan baik guna sehingga semakin optimal mendukung penerbangan sehat di tengah pandemi.

(wn;  Bahan dari : https://www.indotelko.com/read/1608951709/berkat-covid-19)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close