Iptek dan Lingk. Hidup

Hoax Ada Hewan Keluar Dari Stroberi Usai Direndam Air Garam

(indozone.id)-Beberapa  waktu lalu, Jagat medsos dihebohkan video memperlihatkan, serangga keluar dari stroberi yang direndam memakai air garam.  Video itu diunggah warganet bernama Asmaul Fadillah, di laman FB-nya pada (18/6/2020).

 

Dalam video itu, pria berkaca mata membuktikan, stroberi yang direndam air garam  mengeluarkan hewan kecil. “Medsos dihebohkan stroberi dipenuhi serangga kecil, anda tau kita kadang sudah mencuci kita makan stoberi ini enak. Tapi kita mau lihat benakah setelah direndam di air garam 10-20 menit akan keluar binatang kecil-kecil,” ungkap pria dalam video itu”

 

Pria itu menaburkan 2-3 sendok garam ke air di wadah. Setelah menabur garam, dia masukkan stroberi itu ke air garam. “Ok terendam tunggu 10-15 menit, setelah saya rendam stroberi 15 menit dan airnya saya buang atasnya dan ini yang sisa dari larutan air garam. What is that?. Oh bugs atau cacing banyak sekali ini cacing ooh. Ok,” ucap pria di video itu.

 

Fakta kehadiran hewan dalam Stroberi

Apakah benar hewan yang keluar dari stroberi itu cacing? Sebuah artikel berjudul “Fact check: Yes, little bugs may live in your strawberries and blueberries” yang dimuat situs nwfdailynews.com, (30/5/2020)  menyatakan, makhluk kecil di dalam buah itu dikenal bernama spotted wing drosophilas atau drosophila sayap berbintik.

 

Hewan itu bertelur dalam stroberi, menetas dan keluar setelah stroberi dicuci dalam larutan air garam hangat. Selain itu, ada artikel “Fact check: Yes, little bugs may live in your strawberries and blueberries“, yang dimuat di situs usatoday.com, (28/5/2020). Dijelaskan, rekaman tentang stroberi yang mengeluarkan hewan kecil viral di medsos, setelah video beredar di TikTok.

 

Asisten profesor dan entomologis yang ahli soal stroberi dan tanaman kecil dari University of Florida, Sriyanka Lahir mengatakan, spotted wing drosophilas tertarik buah-buahan manis dan matang seperti stroberi dan blueberry. Tak semua stroberi dan blueberry punya makhluk kecil itu. Spotted wing drosophilas betina bertelur di dalam buah yang sempurna, matang dan tidak rusak.

 

“Spesies ini mampu membuat sayatan halus yang tidak bisa dilihat mata telanjang dan bertelur di sana. Ketika buah dipetik, pemetik tidak dapat mengidentifikasi ada telur serangga di dalamnya, letaknya jauh di dalam,” ungkap Lahiri.

 

Amankahbuah tersebut dimakan

Tak ada penelitian yang menunjukkan buah yang ada spotted wing drosophilas, atau serangga lain dalam buah berbahaya untuk dimakan. Menurut ahli, serangga yang keluar dari stroberi itu hal wajar.

 

“Saat mengonsumsi buah segar, Anda (secara tak sadar) memakan serangga,” kata Greg Loeb, ahli entomologi dan profesor di Cornell University, dilansir CNN. “Kadang, kami para entomologis berkelakar, ‘Hei, itu tambahan protein’,” sambungnya.

 

Serangga dalam buah itu tak berbahaya bagi manusia. Mencuci buah stroberi dengan air sebelum dikonsumsi cukup aman. Seranga yang bisa termakan adalah serangga kecil, yang keberadaannya tak akan disadari kata Loeb.

 

Kesimpulannya, serangga dari buah stroberi muncul setelah direndam air garam. Tapi hal itu tak berarti semua stroberi mengandung hal serupa. Sejumlah ahli menyebut, serangga itu tak berbahaya untuk tubuh manusia.

 

(Bahan dari : https://www.indozone.id/news/n0svzp6/cek-fakta-benarkah-ada-hewan-keluar-dari-stroberi-usai-direndam-air-garam)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close