Kesehatan

BPOM Dan MUI Soal Sinovac Vaksin Covid-19 Halal

(health.detik.com)-JAKARTA; Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan soal unsur kehalalan Vaksin Covid-19 buatan  Sinovac penting bagi Indonesia. Ia menyebut Vaksin Covid-19 Sinovac memenuhi syarat kehalalan.

 

“Alhamdulillah dari aspek mutu dari hasil yang didapatkan inspeksi BPOM, Bio Farma dan MUI, aspek halalnya bisa dikatakan sudah memenuhi, sudah sesuai aspek obat yang baik,” jelas Penny dalam konferensi pers Kamis (26/11/2020).

 

Hal ini berdasarkan infeksi yang dilakukan bersama MUI dan Kemenkes ke pabrik Sinovac di Beijing, China, beberapa waktu lalu. Selain soal kehalalan vaksin, aspek mutu dan keamanan vaksin ini juga dianggap baik.

 

Dari segi efficacy atau khasiat, melalui data 1 bulan akan ada kabar menggembirakan. Vaksin Sinovac menghasilkan kekebalan ke relawan uji klinis III di Bandung.

 

Namun untuk mengeluarkan izin darurat, BPOM pun harus menggunakan data interim pengamatan 3 bulan. Selain itu, data itu akan dipadukan dengan data dari negara lain, seperti Brasil.

 

“Aspek keamanan akan terus kita pantau selama tiga bulan, nanti enam bulan penuh ke depan. Kita butuh vaksin yang tidak hanya bermutu dan aman, tapi juga efektif, memiliki khasiat yang baik,” pungkasnya

 

(naf/naf;  Ayunda Septiani;  Bahan dari  : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5271937/hasil-inspeksi-bpom-dengan-mui-soal-sinovac-vaksin-covid-19-dipastikan-halal)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close