Hobi danKetrampilan

Bunga Kupu Kupu Tanaman Hias Ungu Dan Mudah Dipelihara

(wolipop.detik.com)-JAKARTA; Sudah memiliki Aglonema, Monstera, dan janda bolong? Mungkin saatnya kita perlu memperluas koleksi tanaman hias dengan menambah tanaman Bunga Kupu Kupu. Tak kalah menawan, tanaman bernama ilmiah Oxalis triangularis ini bisa memeriahkan pekarangan.

 

Sifatnya yang tak rewel membuat Oxalis disukai pecinta tanaman hias. Bunga yang dikenal ‘tanaman cinta’ ini juga dikenal produktif. Meski berkembang secara lambat, tapi tanaman mudah menjalar ke berbagai sisi.

 

Belum lagi daunnya yang ungu, memberi kesan elegan pada tanaman. Bunganya sekilas mirip seperti anggrek berbentuk terompet kecil menjuntai ke bawah yang mengeluarkan aroma harum menyegarkan.

 

Dilansir cnnindonesia, keistimewaan lain  tanaman ini, bentuk daunnya menyerupai sayap kupu-kupu. Sensitivitas yang tinggi pada cahaya yang dimiliki membuat daun Oxalis menutup dengan sendirinya di malam hari, seperti kupu-kupu yang terdiam meringkuk. Di siang hari, daun Oxalis kembali mekar dan terbuka seperti bangun dari tidur.

 

Oxalis atau Bunga Kupu Kupu ini tanaman hias berasal dari negara tropis di kawasan Amerika Selatan dan Asia Selatan. Sebagai tanaman tropis, Oxalis tumbuh sempurna pada suhu 15-25®C. Penting untuk meletakkan Oxalis di tempat yang terkena cahaya matahari. Di udara terbuka, bunga ini akan mekar terus-menerus.

 

Tanaman hias satu ini terbilang mudah dirawat dan cocok untuk pemula. Berikut beberapa cara merawat tanaman hias bunga kupu-kupu, mengutip laman Smart Garden Guide.

 

1-Keperluan Cahaya  Kupu  kupu

Untuk pertumbuhan terbaik, tempatkan bunga kupu-kupu atau Oxalis di lokasi dalam rumah yang menerima cahaya terang. Jika cahaya terlalu rendah, pertumbuhan tanaman tidak akan kuat.

 

Jika Anda menempatkan Oxalis di luar ruangan, letakkan di lokasi cerah yang tidak mendapatkan sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari langsung cenderung membuat daun terbakar.

 

2-Suhu dalam ruang

Suhu dalam ruang terbaik untuk pertumbuhan Oxalis adalah sekitar 15-24 derajat Celcius. Saat suhu dalam ruang terlalu panas, dedaunan akan layu.

 

3-Tips menyiram Bunga Kupu kupu

Oxalis tak akan marah jika kamu lupa menyiramnya. Tapi, bunga kupu-kupu akan geram jika kamu menyiramnya terlalu banyak dan sering. Penyiraman terlalu sering membuat kondisi tanah jadi basah dan rentan pembusukan.

 

Selama musim kemarau, cukup sirami bagian atas tanah yang terasa kering sekali dalam 1-2 hari. Tapi selama musim hujan, cukup sirami Bunga Kupu kupu setiap dua hingga tiga kali dalam seminggu.

 

(ami/ami; Rahmi Anjani; Bahan dari : https://wolipop.detik.com/home/d-5299764/mengenal-bunga-kupu-kupu-tanaman-hias-warna-ungu-yang-mudah-dipelihara)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close