Hobi danKetrampilan

Cara Bedakan Janda Bolong Mahal Palsu

(cnbcindonesia.com)- Tanaman Janda bolong kini sedang digemari. Keunikannya membuat tanaman ini bisa dihargai puluhan hingga ratusan juta. Namun tahukah Anda, harga mahal itu, tidak berlaku untuk semua tanaman jenis ini? Tanaman janda bolong mahal adalah jenis Monstrea Obliqua.

 

Menurut Peneliti Sistematik dan Taksonomi LIPI Yuzammi ada hal hal yang membuat jenis ini mahal. Karena ia bukan asal Indonesia dan di negeri asalnya susah tumbuh. “Kalau di Indonesia yang langka asli atau Monstera Obliqua enggak ada, mungkin masyarakat ada yang punya. Ini langka karena di negara asalnya tumbuhnya lama. Jadi pembeli jangan terkecoh,” kata dia saat dihubungi CNBC Indonesia.

Dulu harga janda bolong tak semahal sekarang. Dibanderol hingga Rp 100 ribu. “Sebetulnya tidak segitu, ini lagi ngetren jadi bisa mahal. Harga normal paling mahal Rp 100 ribu karena ini bukan tanaman hias yang dianggap” katanya lagi. Bagaimana membedakan janda bolong yang mahal dengan yang biasa?

Bentuk janda bolong Monstera Oblingua hampir sama dengan Monstera Adansonii. Tipe ini biasanya tumbuh di Indonesia, tidak langka, dan susah ‘beranak pinak’. Di penelusuran CNBC Indonesia di market place, Adansoni murah di pasaran. Harganya rata-rata dari belasan hingga ratusan ribu saja. Tapi bagaimana membedakan agar pembeli tak tertipu? Yuzammi mengatakan setidaknya ada 4 hal:

1-Pertumbuhan Monstrea Adansonii tergolong cepat sedangkan Monstera Obliqua lama
2-Bentuk bolong-bolong pada Monstera Adansonii melonjong, sedangkan Montrea Obliqua membulat dan lebih banyak.
3-Monstera Adansonii diraba terasa seperti kulit, pada Monstera Obliqua terasa seperti sehelai kertas.
4-Monstera Adansonii tidak memiliki sulur, dan Monstera Obliqua dan sulur yang keluar dari batangnya.
Dengan tahu perbedaan itu diharapkan pembeli jangan terkecoh dengan rupa dan tren yang ada.

 

(Lynda Hasibuan; Bahan dari : https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20201016082152-33-194759/janda-bolong-lagi-hits-ini-cara-bedakan-yang-mahal-palsu)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close