Iptek dan Lingk. Hidup

Delapan Tantangan Besar Manusia 2050(2/3)

(analisadaily.com)- 3-Kota kota yang hilang

Anda tak perlu cari susah payah tempat seperti Miami untuk melihat kota-kota berubah pada Abad ke 21 – kenaikan permukaan air laut bertahap membuat beberapa ba­gian dari kota itu meng­hilang.

 

Dipicu perubahan iklim, tak hanya banjir jadi lebih umum di jalanan, na­mun cuaca yang berubah juga mempengaruhi de­sain bangunan. Selain lebih banyak tem­bok laut, kota ini mengha­ruskan ba­ngunan baru dengan lantai per­tama yang dibangun lebih tinggi.

 

Tapi itu semua tembok buatan – jika tren ini terus ber­lanjut, kita mungkin harus me­nye­suaikan diri dengan kehilangan se­luruh wilayah kota, pulau, dan da­erah dataran rendah seperti Bang­ladesh. Dampak ekonomi pada da­erah sangat besar, dan juga  jumlah peng­ungsi ka­rena perubahan iklim ­jadi hal biasa.

 

Tekanan sudah berkem­bang di ko­ta-kota, seiring pertum­bu­han populasi perkotaan. Jika peru­bahan iklim memaksa migrasi mas­­sal, maka infrastruktur, la­ya­nan, dan ekonomi yang ada mung­kin terbentang sampai titik terakhir.

 

4-Evolusi Media Sosial

Medsos mem­per­sulit cara kita berkomu­nikasi untuk ba­gian yang lebih baik dalam satu dekade. Itu tidak berjalan ke­ mana-mana dalam waktu dekat ini, karena kebanyakan orang ­dapat kabar mereka dari saat ini.

 

Sebelum kita terlibat dalam kekacauan tentang pe­lecehan daring. Seperti apa medsos dalam 30 tahun kemu­dian, saat itu, apa saja an­­caman yang mungkin di­tim­bulkannya?

 

Sebuah dunia tanpa priva­si, un­tuk seseorang. Itu masalah sudah kita lihat. Selain menghilangkan rasa dan keinginan kita anonimitas dan privasi, medsos membawa ba­nyak masalah penindasan dalam dunia maya.

 

5-Ketegangan geopolitik

Tahun-2019 gangguan total keseim­bangan rapuh dalam geo­politik kita tampak. Itu bisa membuat stabilitas global beberapa de­kade berikutnya jadi tanda tanya besar.

 

Peluncuran rudal Korut. Ribuan pengungsi melintasi perbatasan untuk melarikan diri dari keka­cauan. Peretas ikut campur tangan dalam pemilu negara lain. Meningkatnya sentimen na­sio­nalis di dunia.

 

(Bahan dari : https://analisadaily.com/berita/arsip/2017/8/2/389310/delapan-tantangan-besar-manusia-pada-2050/)-FatchurR * Bersambung…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close