Iptek dan Lingk. Hidup

Tentang makanan Italia

Banyak makanan Italia yang jadi favorit di Indonesia. Ada pizza, pasta (spaghetti-fetucini-lasagna), risotto-brushcetta, makanan penutup tiramisu hingga kopi espresso). Variasi makanan ini di berbagai restoran kelas atas hingga cepat saji. Pasta, keju dan anggur adalah tiga makanan penting  warga Italia.

 

Jika diibaratkan, pasta seperti nasi bagi kita. Dan, anggur dianggap makanan, bukan minuman sehingga bukan mengejutkan jika anak-anak Italia sudah mengecap anggur sejak berusia 13 tahun. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang makanan Italia :

 

1-Siapakah Alfredo dalam makanan populer Fettucini Alfredo? Kalau pesan Fettucini, maka pilihan fettucini terpopuler tentu Alfredo Fettucini. Alfredo adalah pemilik restoran di Roma (1914) dan salah satu menu yang ditawarkan bernama Fettuccine all’Alfredo.

 

Banyak selebriti asal USA seperti Douglas Fairbanks dan Alfred Hitchcock yang menjadi tamu di restoran ini. Karena kepopuleran inilah, di tahun 70-an, resep fettucini Alfredo ini dihadirkan di sebuah restoran baru di kota New York.

 

2Pizza yang benar itu tipis atau tebal? Kini pilihan bervariasi. Ada yang tipker (tipis kering), tipis dan tebal. Jika mengikuti tradisi negara asalnya, ketebalan pizza sebelum dimasukkan ke dalam oven tidak boleh lebih dari 3 mm dan setelah dipanggang, pizza mengembang hingga ketebalan 1-2 Cm.

 

Tidak boleh lebih / kurang. Tradisi melahap pizza yang benar memakan dengan tangan, tanpa bantuan pisau atau garpu. Di resto kelas mewah sekalipun. Warga Italia tertawa jika melihat ada yang melahap pizza dengan garpu-pisau. Cara itu dianggap konyol ibarat minum bir dengan bantuan sedotan.

 

3. Ada 450 Macam Pasta. Sebagai makanan penting warga Italia, Pasta merupakan adonan dari tepun-air -telur. Pasta bisa kering, bentuk adonan segar (langsung dimasak). Pasta sebagai makanan utama. Yang membuat pasta menjadi variasi adalah karena bentuknya yang biasanya dibagi menjadi tujuh macam:

 

Pasta panjang, potongan gunting, pasta pendek, pasta dekorasi, pasta kecil (seperti makoroni di dalam sup), pasta isi dan pasta bentuk bebas. Nama tiap pasta dari kemiripan pasta dengan bentuk lain. Contoh pasta farfalle yang diangkat dari kata farfalla yang artinya kupu-kupu dan bentuknya serupa kupu atau dasi kupu-kupu.

 

Dari 450 macam pasta inilah muncul makanan : Lasagna, Spaghetti, Cannelloni, dan Ravioli (seperti pangsit berkuah). Ada tambahan fakta menarik. Jika ingin memasak pasta, pastikan tidak merebus terlalu lama karena pasta akan keras atau kenyal pada saat dikunyah.

 

Agar tahu pasta yang direbus matang atau belum, caranya melempar pasta ke dinding. Jika pasta menempel, itu artinya pasta telah matang dan siap dilahap. (BRX; https://abraresto.com/blog/tiga-fakta-menarik-seputar-makanan-italia/)

 

Catatan : Bagi pehobi makan Pizza, marilah diingat dan pahami “Paradigma sehat” yang banyak diulas di Web ini-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close