Hobi danKetrampilan

Hama Kutu Daun Dan Semut Pada Tanaman Hias Tak Perlu Pakai Obat

(sumedang.pikiran-rakyat.com)- Tanaman hias jadi primadona masyaratak belakangan ini. Pandemi Covid-19 salah satu alasan banyak yang mulai menggemari merawat dan mengkoleksi tanamanhias.

 

Mulai Janda Bolong, Aglonema dan baru-baru ini  Keladi, banyak orang mencoba membudidayakannya di rumah. Merawat Tanaman Hias tentu memerlukan triki agar dapat tumbuh sehat dan subur.

 

Kendala akan muncul, namun bisa dihadapi dengan mudah asal tahu triknya. Jamur, serangga, dan aneka hama lainnya bisa menyerang tanaman. Akibatnya, tanaman bisa sakit, busuk atau kering, kemudian mati. Oleh karena itu, perhatikan kesehatan Tanaman Hias Anda.

 

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan baking soda alias soda kue. Bahan pembuat kue yang satu ini bisa terbilang efektif dalam menjaga kesehatan tanaman. Berikut 3 manfaat soda kue untuk merawat tanaman dan mengatasi  hama, sebagaimana diberitakan Portal Jember pada artikel Cara Mengatasi Hama Tanaman Hias, Obatnya Cuma Pakai Soda Kue“.

 

Mencegah Jamur

Jamur salah satu penyakit yang bisa menyerang tanaman. Untuk mengatasinya, campur soda kue dengan sabun dan air.  Semprotkan ramuan secara rutin, tapi jangan terlalu sering. Ramuan ini efektif mencegah infeksi jamur pada beberapa jenis tanaman.

 

Membasmi  kutu daun

Kutu daun merusak tanaman perlahan. Mereka makan bagian batang dan mengeluarkan zat lengket yang mengundang  semut dan jamur hitam. Akibatnya, tanaman sakit, cacat, dan tak bisa berfotosintesis dengan sempurna. Mengatasinya, semprot tanaman dengan ramuan soda kue yang dicampur sabun. Pengasapan dengan soda kue juga bisa mengusir kutu. Sehingga tanaman bisa tumbuh dengan baik.

 

Mengusir semut

Semut juga jadi musuh Tanaman Hias. Mengatasinya, campur soda kue dengan bordeaux alias bordo. Semprotkan campuran ini ke Tanaman Hias. Selain mengatasi hama, soda kue juga memiliki manfaat lain. Salah satunya adalah menjaga pH tanah. Tanah yang cenderung netral, (tak terlalu asam atau basa, membuat tanaman terbebas dari hama. Soda kue bisa untuk menguji keasaman tanah.***

 

(Dinar Firda Rosa/Portal Jember; Tim PR Sumedang; Editor: Adithya Nurcahyo; Bahan dari : Portal Jember, Bright Side dan https://sumedang.pikiran-rakyat.com/lifestyle/pr-56930146/basmi-hama-kutu-daun-dan-semut-pada-tanaman-hias-tak-perlu-pakai-obat-obatan-begini-triknya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close