Selingan

Harga Tempe Di Arab Hingga Korea Ada Yang 400.000

(food.detik.com)- JAKARTA; Tempe, makanan populer di Indonesia yang murah. Tempe juga dijual di beberapa negara lain, seperti Arab hingga Korea. Apakah harganya tetap murah?

 

Makanan khas Indonesia yang terkenal manfaat sehatnya ini terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Biasanya tempe diolah jadi berbagai lauk, seperti tempe goreng, orek tempe, mendoan, dll. Ada yang disajikan sebagai pelengkap makanan, seperti campuran gado-gado, sayur lodeh, dll.

 

Tempe yang populer di Indonesia, harganya sekitar Rp 3.000-Rp 8.000 per papan. Tempe juga jadi makanan populer di beberapa negara. Selain menyasar pasar orang Indonesia di luar negeri, tempe jadi pilihan makanan pelaku diet di sana. Harga tempe di luar negeri tak semurah yang ada di Indonesia.

 

Harga Tempe di 5 Negara :

1-Harga Tempe di Arab Saudi

Arab Saudi negara yang banyak dikunjungi orang Indonesia. Jadi, banyak produk Indonesia ditawarkan di sana salah satunya tempe. YouTuber Maula yang tinggal di Uni Emirat Arab sempat membagikan momen saat belanja produk makanan Indonesia. Ia ke supermarket khusus produk makanan Indonesia.

 

Ia beli beberapa produk makanan Indonesia termasuk 2 papan tempe berukuran kecil. Satu papan tempe dibanderol harga Rp 50.400. Harganya 10 kali lipat lebih mahal dari yang ada di Indonesia.

 

2-Harga tempe di Korea Selatan

Orang Indonesia banyak yang tinggal di Korsel. Dan resto dan supermarket khusus tersebar di negeri gingseng.  Orang Korea tertarik makanan khas Indonesia. Seperti YouTuber asal Korea Rosakis. Dia berburu produk makanan Indonesia di salah satu supermarket. Tempe jadi produk yang ia cari. Ia beli tempe di supermarket Indonesia. Harganya 2.000 won (Rp 24.658) per papan ukuran sedang.

 

2-Harga tempe di Belanda

Belanda jadi negara yang banyak dikunjungi orang Indonesia, tinggal dan bekerja. Sehingga ada supermarket dan restoran yang jual produk makanan Indonesia. YouTuber dengan channel Indoculinaire Hunter mengunggah video saat belanja produk makanan Indonesia.

 

Dia cari tempe karena rindu makanan khas Indonesia. Akhirnya ia temukan tempe di supermarket. Tempe di sana dibanderol harga 1.19 Euro (Rp 20.500) per papan ukuran sedang. Ini terbilang murah dari Arab Saudi yang menginjak angka Rp 50 ribu per tempe.

 

4-Harga tempe di AS

Netizen bernama Tatjana tinggal di AS. Ia membagikan pengalaman saat belanja produk Indonesia di sana lewat video di TikTok miliknya @tatjana.syafira. Dirinya pernah berbelanja beras harganya 16 dollar (Rp 236 ribu) per 9 kilogram. Lalu, ia ungkapkan kalau harga tempe di AS tidak masuk akal.

 

Pasalnya harga tempe dibanderol 26 dollar (Rp 400 ribuan) dengan ukuran 226 gram. Di Indonesia satu papan tempe berukuran kecil harganya Rp 3.000-Rp 5.000 saja.

 

 5-Harga tempe di Jepang

YouTuber Indonesia yang tinggal di Jepang ini mengajak kita mengetahui harga tempe di Jepang. Ia beli dari supermarket. Dia abadikan momennya saat belanja kebutuhan dapur bersama suami. Saat keliling, mereka menemukan tempe berukuran kecil.

 

Harganya 380 yen (Rp 40.000-an). “380 berarti Rp 40 ribu tempe seukuran telapak tangan,” ujarnya. Akhirnya ia tak jadi membeli karena kualitas tempenya sudah tak segar lagi.

 

(yms/adr;

Yenny Mustika   Sari; Bahan dari : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5294797/segini-lho-harga-tempe-di-arab-hingga-korea-ada-yang-rp-400-ribu)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close