Iptek dan Lingk. Hidup

Paling Dicari Berapa Harga Blackbox

(finance.detik.com)-JAKARTA; Blackbox (kotak hitam) Sriwijaya Air SJ182 telah ditemukan. Dalam tiap kecelakaan pesawat, barang ini paling dicari. Pada artikel BBC (2016) dikutip (12/1/2021), bahwa di pesawat ada perekam data penerbangan seukuran kotak sepatu harganya £15.000 ( US$ 20.400).

 

Nilai itu setara dengan Rp 289,68 juta (asumsi dolar Rp 14.200). Alat itu biasanya ditempatkan di bagian ekor pesawat agar aman dari benturan, serta dilengkapi pelacak yang aktif dalam air. Alat ini dapat memberi tanda selama 90 hari dengan kedalaman sampai 6.000 meter.

 

FAA mewajibkan pesawat membawa dua perangkat itu atau yang disebut Blackbox. Alat itu untuk membantu mengumpulkan data penyebab kecelakaan.

 

Alat pertama adalah perekam data penerbangan yang melacak 88 parameter berbeda seperti arah, ketinggian dan kecepatan udara selama 25 jam terakhir riwayat penerbangan. Kedua, perekam suara kokpit yang merekam percakapan awak pesawat selama dua jam terakhir.

 

“Perekam data penerbangan akan memberi tahu bagaimana kecelakaan terjadi,” kata Greg Marshall, wakil presiden program global untuk Flight Safety Foundation.

 

“Perekam suara kokpit akan memberi tahu Anda alasannya,” sambungnya. Perangkat ini disebut Blackbox, namun sebenarnya memiliki warna orange. Sebutan black box kemungkinan karena fakta yang terjadi kadang-kadang benda itu terkena percikan api dan membuatnya hitam.

 

(acd; ara; Tim detik.com;  Bahan dari : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5331384/paling-dicari-saat-kecelakaan-pesawat-berapa-harga-black-box)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close