Selingan

Trik Berhemat Biaya Rumah Tangga

(m.liputan6.com)-JAKARTA; Mengurus rumah tangga perlu biaya tidak sedikit. Walau ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan biaya rumah tangga alias lebih hemat.

 

Menurunkan pengeluaran membantu Anda tetap dalam jalur anggaran. Sehingga bisa menabung untuk tujuan lain seperti beli rumah atau menambah tabungan pensiun. The balance menyebutkan ada 6 cara untuk mengurangi pengeluaran rumah tangga. Apa saja?

 

1-Gabungkan layanan

Punya internet, telepon, dan layanan kabel? pindahkan semua akun Anda ke satu penyedia. Langkah ini dapat menghemat banyak pengeluaran per bulan. Tanyakan penyedia Anda saat ini tentang penawaran bundling yang mereka tawarakan. Pilihlah perusahaan yang menawarkan layanan bundel terbaik di wilayah Anda.

 

2-Pengurangan Ekstra

Tanyakan apakah Anda benar butuh data tak terbatas di ponsel? Bagaimana paket kabel atau satelit premium yang berlangganan? Apakah Anda berlangganan beberapa layanan streaming?. Periksa daftar pengeluaran bulanan, dan tentukan apa yang bisa dipertahankan.

 

3-Potong premi Asuransi

Asuransi itu penting tapi mahal. Belanjalah untuk mendapat tarif asuransi mobil lebih baik dan itu dapat memotong lumayan banyak anggaran dari premi saat ini. Tidak dapat menemukan tarif yang lebih baik? Bicaralah dengan penyedia Anda untuk melihat apakah ada diskon yang terlewatkan.

 

4-Hemat energi

Apakah Anda takut buka tagihan listrik tiap bulan? Jika ya, banyak yang dapat dilakukan  mengurangi tagihan itu. Pasang termostat cerdas dan setel agar tak berfungsi saat tidak ada orang di rumah. Matikan lampu saat tak digunakan. Cuci cucian dengan air dingin.

 

Turunkan suhu pemanas air panas. Matikan AC jika tidak digunakan. Beli hanya peralatan hemar energi. Mulailah melihat-lihat, dan Anda akan menemukan banyak cara untuk mengurangi konsumsi energi dan tagihan energi rumah.

 

5-Bayarlah tagihan tepat waktu

Jika biasa terlambat bayar tagihan, Anda mungkin akan bayar lebih dari seharusnya.  Mulailah  bayar tagihan tepat waktu dan ucapkan selamat tinggal pada biaya keterlambatan denda dan kenaikan tarif.

 

Salah satu opsi memastikan tagihan dibayar tepat waktu, gunakan pembayaran otomatis.  Jika anggaran terlalu ketat untuk pembayaran otomatis, pertimbangkan pakai pengingat kalender. Jika Anda memiliki akses ke pembayaran tagihan melalui bank, pertimbangkan menyiapkannya agar pembayaran tagihan lebih cepat dan mudah.

 

6-Pelajari berbagai hal agar Mandiri

Kembangkan keterampilan Anda sehingga menjaga rumah tetap terawat dengan baik tanpa menyewa layanan atau jasa lain.  Pertimbangkan tugas pembelajaran seperti menangani perawatan halaman, membersihkan rumah, mengepel lantai, menyetrika pakaian dll.

 

Jika Anda tidak suka memasak di rumah, pertimbangkan untuk belajar. Cobalah satu atau dua resep sederhana per minggu untuk membangun keterampilan dan kepercayaan diri Anda.

(Helena Yupita;  Bahan dari : https://m.liputan6.com/bisnis/read/4440682/6-trik-menghemat-biaya-rumah-tangga)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close