Iptek dan Lingk. Hidup

Musim Hujan Kenali Empat Petir Dan Bahayanya

(teknologi.bisnis.com)- AKARTA – Memasuki musim hujan, ada banyak hal yang mesti diwaspadai. Mulai risiko terjadinya banjir, pohon tumbang dan juga bahaya petir.

 

Petir (lightning) merupakan salah satu fenomena atmosfer yang berkaitan dengan hujan lebat. Petir terjadi akibat peristiwa pemisahan muatan positif dan muatan negatif di dalam awan. Petir memiliki beberapa tipe, seperti berikut ini dikutip dari akun twitter Lapan :

 

1-Petir Cloud to ground (CG)

Merupakan tipe petir yang terjadi akibat pelepasan muatan antara awan dan tanah. Pada pembentukan petir, pemisahan muatan akan menghasilkan medan listrik.

 

2-Petir Cloud to Cloud (CC)

Petir CC merupakan tipe pelepasan muatan yang terjadi antara pusat-pusat muatan pada awan yang berbeda (Pandiangan dkk., 2010). Tipe petir ini tidak menimbulkan ancaman terhadap properti dan kehidupan di tanah, tetapi dapat membahayakan penerbangan.

 

3- Petir Intra Cloud (IC)

Petir IC merupakan tipe petir yang umum terjadi. Tipe petir ini diakibatkan oleh pelepasan muatan antara pusat-pusat muatan yang berlawanan dalam awan yang sama.

 

4-Petir Cloud to Air (CA)

Petir awan ke udara biasanya terjadi jika muatan positif dalam awan berinteraksi dengan udara yang bermuatan negatif (Pandiangan dkk., 2010).

 

(Reporter/Editor : Mia Chitra Dinisari; Bahan dari : https://teknologi.bisnis.com/read/20210115/84/1343389/jelang-musim-hujan-kenali-4-tipe-petir-dan-bahayanya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close