Iptek dan Lingk. Hidup

Orang Arab dan Eropa doyan Mi Instan Indonesia

Mi instan adalah makanan yang sangat digemari di Indonesia. Selain harganya ekonomis dan penyajiannya mudah, rasanya juga enak dan bermacam-macam.

Salah satu merek mi instan terkenal bahkan telah diproduksi di negara-negara lain. Salah satu negara yang memproduksi merek mi instan tersebut adalah Arab Saudi.

Ternyata, orang Arab Saudi juga menyukai mi instan Indonesia ini. Pabrik mi instan serupa juga dibangun di Arab Saudi pada 1992 dan sejak saat itu, produk mi instan tersebut pun laku keras dan digemari masyarakat di sana.

rambut mirip indo mie“Nggak cuma orang Indonesia yang tinggal di sini (yang menyukai mi instan),” kata Irwan Rizadi, mahasiswa Pascasarjana King Fahd University Dammam, Arab Saudi. “Orang Arab juga, orang-orang Eropa juga suka. Khususnya anak mudanya.”

Namun ada perbedaan antara produk mi instan dengan merek sama yang diproduksi di Indonesia dan Arab saudi. Menurut Irwan, perbedaan terletak pada bumbunya. Mi instan produksi Arab lebih kuat rempahnya.

Dikutip dari website resmi Indomie Arab Saudi, pabrik Indomie yang ada di Arab Saudi total ada tiga. Dua pabrik memproduksi mie yaitu di Jeddah dan Dammam, satu pabrik lagi khusus memproduksi kecap dan sambal.

Pabrik di Jeddah hadir lebih dulu, dibangun pada tahun 1992 dan mulai berjalan pada 1994 yang mampu memproduksi sebanyak 2 juta bungkus per hari. Produksi bumbu dan minyak baru berjalan pada Agustus 2005.

Pabrik di Dammam dibangun pada 2005 dan mulai beropresi pada 2007 dengan kapasitas produksi yang lebih besar yaitu 4 juta bungkus per hari. “Indomie dengan tepung gandum asli kini menjadi bagian dari setiap rumah di Saudi” . (Suhirto M; http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00076223.html)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close