Iptek dan Lingk. Hidup

Mobil futuristik bertenaga surya

MELBOURNE – Sebuah perusahaan di Melbourne, Australia, EVX, membuat mobil futuristis bertenaga surya. Mobil bernama Immortus tersebut akan menjalani debut internasional di ajang SEMA, November 2015.

“Immortus merupakan mobil roadster seberat 250 kilogram bertenaga 40 kW dan mampu menampung dua orang ditambah ruangan untuk bagasi,” demikian isi pernyataan EVX yang dikutip oleh Autoevolution.

Mereka mengklaim Immortus dapat berakselerasi dari 0 sampai 100 kilometer per jam dalam waktu tidak lebih dari 7 detik. Kecepatan maksimumnya mencapai 150 km/jam.

Bicara soal kemampuan jelajah, Immortus dapat menjangkau jarak 550 km bila dikendarai dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam. Jangkauan tersebut bisa dicapai dengan mengandalkan tenaga kombinasi dari baterai dan matahari. Sementara itu jika kendaraan dilajukan hanya dengan mengandalkan tenaga surya, maka kecepatan maksimumnya 60 km/jam.

Immortus didesain dengan bentuk yang mendukung sisi aerodinamis. Desain sasis pun dibuat menyesuaikan agar kendaraan stabil bila dibawa dengan kecepatan tinggi.

EVX menyatakan, Immortus dikembangkan bersama dengan tim dari lembaga penelitian kendaraan listrik Universitas Teknologi Swinburne. Tim tersebut sangat ahli di bidang kendaraan listrik dan sudah menghasilkan mobil-mobil bertenaga surya yang berhasil memenangkan berbagai lomba.

Selain mengembangkan model konsepnya, EVX juga akan mewujudkan Immortus versi produksi. (ton; http://news.okezone.com/read/2015/08/13/15/1195959/mobil-futuristis-bertenaga-surya-bisa-lari-150-km-jam)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close