Wisata dan Kuliner

Sunrise Point Cukul Di Bandung

(sikidang.com)- Sunrise Point Cukul menjadi destinasi Recommended di Bandung untuk dikunjungi bersama orang tercinta. Nama Sunrise Point Cukul (SPC), kesan dari wisata alam ini hanya preoperational pada fajar.

 

Padahal, SPC ini tidak hanya beroperasi pada fajar semata. Destinasi ini justru waktu operasionalnya lama, bahkan recommended sebagai destinasi wisata 24 jam non stop.

 

Daya tarik dari SPC tak hanya pesona moment sunrise semata. Tetapi ada faktor lain yang tidak kalah menarik dari pesona alam SPC di Cukul. Ada kisah mistik yang menarik dan daya tarik dari SPC. Hal ini membuat orang penasaran dan tertarik mengunjunginya. Di area ini ada villa Jerman tua legendaris dan mistik. Namanya villa merah. Konon villa ini jadi salah satu bangunan tua di era kolonial Belanda.

 

Sumber dari warga, doeloe villa ini bekas tempat pembunuhan. Presepsi itu diperkuat penampakan bercak merah seperti darah yang sering muncul di villa merah. Di villa ini sering ada penampakan wanita korban pembunuhan.

 

Meski muncul penampakan misterius, hingga kini kasus pembunuhan di villa belum terbukti jelas. Sehingga identitas arwah itu tak diketahui. Meski ada sisi mistik, tidak membuat pengunjung takut. Keberadaan villa itu tidak berpengaruh untuk tidak bermalam / camping di area SPC. Pesona SPC seolah mampu mematahkan sisi mistik dari villa merah.

 

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk SPC Rp 10.000/orang. Tarif itu berlaku tiap hari weekday / weekend. Jam operasional SPC pukul 08.00 WIB dan ditutup pukul 18.00 WIB. Karena destinasi ini pesona daya tariknya hanya dapat dilihat saat fajar, membuat destinasi SPC di Cukul tidak langsung beroperasi ±24 jam non stop.

 

Bahkan sejak pukul 03.00 / 04.00 pengunjung memadati area SPC. Ada yang datang dini hari. Ada pula yang menginap / camping, supaya lebih mudah bangun pagi dan langsung menyaksikan pesona SPC. Mengingat perjalanan dini hari berat dan dingin, camping jadi alternatif terbaik melihat keindahan alam.

 

Alamat SPC

Letak SPC di Jl Cukul Sukaluyu, Pangalengan. Lokasi itu butuh ±2 jam dari kota Bandung. Lokasi SPC jauh dari pusat kota Bandung, membuat sulit ditempuh transportasi umum. Juga transportasi umum tidak mendukung perjalanan dini hari, hanya untuk tidak melewatkan pesona dari matahari terbit.

 

Cara terbaik menuju ke lokasi destinasi wisata SPC dengan kendaraan pribadi. Entah itu motor / mobil. Rute arahnya tidak rumit. Dari pusat kota Bandung ke arah Balendah. Dan ambil arah ke Banjaran – Pangalengan.

 

Fasilitas

Meskipun SPC tidak termasuk daftar destinasi alam strategis, tapi destinasi alam ini menyediakan fasilitas penunjang  : Area parkir; Musholla; Toilet; Food court; Spot foto dan Area camping

 

Spot SPC

Banyak aktivitas seru dan menyenangkan ketika berlibur ke SPC. Di bawah ini adalah daftar SPC :

1-Sunrise Point

Berupa area bukit ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut. Ada spot foto membuat landscape SPC lebih berkarakter dan kekinian.

 

2-Area Camping

Kita dapat leluasa dan tak perlu khawatir tertinggal moment sunrise. Kunjungi juga Babakan Siliwangi tak kalah indah dan ada spot foto instagenic.

 

3-Situ Cukul

Ada danau kecil Cukul membuat pesona bukit lebih kompleks. Meski kecil, tapi tidak buruk sebagai landscape untuk foto.

 

4-Villa pengabdi setan

Villa Pengabdi Setan juga jadi spot menarik. Villa merah di lokasi SPC pernah dijadikan setting film horror yang berjudul Pengabdi Setan.  Sejak itu, keberadaan villa ini jadi sorotan. Banyak yang penasaran aura mistik yang menyelimuti villa merah / Pengabdi setan.

 

Tips berkunjung

Karena diiringi spot mistik, jalan terbaik yaitu gunakan jasa paket liburan.

Itu sekilas reviews SPC, destinasi penuh aura mistik.

(Bahan dari : https://sikidang.com/sunrise-point-cukul/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close