Kesehatan

Yang Berisiko Kena Kanker Prostat

(lifestyle.okezone.com)- Kanker prostat jadi salah satu penyakit yang dialami oleh pria. Menariknya penderita kanker prostat terdeteksi ketika penyakit mereka sudah masuk ke stadium lanjut.

 

Penyakit yang menyerang organ vital ini memiliki penyebab yang sebenarnya bisa diketahui sejak dini. Melansir dari Mayo Clinic, Rabu (18/11/2020), kanker prostat mulai terbentuk ketika sel-sel di prostat mengembangkan perubahan DNA mereka.

 

Perubahan ittu membuat sel untuk tumbuh dan membelah lebih cepat daripada sel normal. Sel abnormal terus hidup, ketika sel lain mati.

Sel abnormal yang terakumulasi membentuk tumor yang dapat tumbuh untuk menyerang jaringan di sekitarnya. Pada waktunya, beberapa sel abnormal dapat pecah dan menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh lainnya. Selain itu terdapat pula beberapa faktor risiko yang menyebabkan seorang pria berpotensi mengalami kanker prostat. Beberapa diantaranya adalah.

 

1-Pria Lansia

Risiko pria terkena kanker prostat meningkat seiring bertambahnya usia. Ini umum terjadi setelah usia 50 tahun.

 

2-Suku dan Ras

Untuk alasan yang belum ditentukan, orang kulit hitam berisiko lebih besar terkena kanker prostat daripada orang dari ras lain. Pada orang kulit hitam, kanker prostat juga lebih cenderung menjadi agresif atau lanjut.

 

3-Riwayat Keluarga

Jika kerabat sedarah, seperti orangtua, saudara kandung atau anak, telah didiagnosis menderita kanker prostat, maka risiko Anda mungkin meningkat. Selain itu, jika memiliki riwayat keluarga dengan gen yang meningkatkan risiko kanker payudara, risiko terkena kanker prostat juga mungkin lebih tinggi.

 

4-Kegemukan (Obesitas)

Orang yang mengalami obesitas mungkin berisiko lebih tinggi terkena kanker prostat dibanding orang yang dianggap memiliki berat badan sehat. Pada orang gemuk, kanker lebih cenderung menjadi lebih agresif dan lebih mungkin untuk kembali setelah perawatan awal.

 

(DRM; Leonardus Selwyn Kangsaputra; Bahan dari  : https://lifestyle.okezone.com/read/2020/11/18/481/2311750/5-jenis-orang-yang-berisiko-kena-kanker-prostat)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close