Wisata dan Kuliner

Kopi Telur Khas Skandinavia

(republika.co.id)-JAKARTA — Telur dan kopi mungkin jadi makanan pokok terpenting dari sarapan banyak orang. Tetapi belum pernah ada yang terpikir menggabungkannya dalam satu cangkir yang sama.

Ternyata, kopi telur itu tradisi di dapur Skandinavia yang ada sejak berabad-abad lalu. Menurut The Spruce Eats, dilansir (14/2), imigran dari Swedia membawa cara unik ini ke Amerika akhir 1800-an, dan keluarga mereka terus membuatnya sejak saat itu.

Menurut mereka, menambah telur ke proses pembuatan kopi ini bisa mengekstrak rasa pahit dari bubuk kopi dan bisa meningkatkan kafein yang terkandung di dalamnya. Kita bisa temukan resep online untuk mencampurkan kopi dan telur, tetapi ada metode menarik yang disediakan oleh The Spruce Eats. Alat yang dibutuhkan hanyalah panci dan saringan.

Untuk memulai, tuangkan 9 cangkir air ke panci dan didihkan. Pada Air mendidih, gabungkan bubuk kopi dan telur dengan 3/4 cangkir air lagi dalam gelas takar. Setiap resep online mengatakan, seluruh telur dimasukkan termasuk cangkangnya. Semua bisa dicampur pakai pengocok hingga hasilnya tampak seperti campuran brownies kental.

Seluruh campuran dituangkan ke dalam air mendidih. Tuangkan sedikit air dingin dan biarkan selama  10 menit. Lalu saring, hingga tertinggal hanya endapan ampas kopi dan cangkang telur, yang bisa dijadikan pupuk kompos untuk membantu menyuburkan tanaman.

Masukkan yang sudah disaring ke teko dan warnanya itu sedikit lebih kecokelatan daripada kopi hitam biasa. Seluruh proses makan waktu 15 menit dari awal hingga akhir.

Bagi yang pertama mencobanya, mungkin tidak terlalu ada perbedaan besar pada rasanya, dan sama sekali tidak ada sedikit pun ampas sisa yang terkadang menyertai secangkir kopi hitam. Rasanya lebih lembut dan lebih mudah untuk diseruput.

(Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah, Bahan  dari : https://www.republika.co.id/berita/qoi6t1463/kopi-telur-khas-skandinavia-yang-melegenda)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close