Kesehatan

Menkes Sebut Dua Kasus Corona Inggris B117 Masuk Indonesia Dari Saudi

(health.detik.com)-JAKARTA; Tepat setahun pandemi COVID-19 di IRI, wamenkes mengumumkan temuan 2 kasus COVID-19 varian Inggris B117. Belakangan diketahui keduanya kasus import dari Saudi Arabia.

“Kita menemukan 2 kasus, masuk dari Saudi dan memiliki strain virus baru ini,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin, dikutip dari CNN Indonesia, (2/3/2021). Belum ada publikasi ilmiah bahwa varian ini lebih fatal. Dia mengingatkan waspada karena varian Inggris ini disebut lebih menular.

“Pesan saya, jalankan disiplin, pakai masker, cuci tangan, jaga jarak. Masyarakat itu yang harus dijaga. Selama kita tetap lakukan protokol kesehatan yang baik apapun virusnya dapat kita hindari,” pesan Budi.

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Amin Subandrio, sebelumnya mengatakan dua kasus COVID-19 varian B117 merupakan kasus import. Keduanya datang beberapa pekan lalu.

“Kasusnya impor yang datang di Indonesia. Datangnya beberapa minggu lalu. Karena berbagai prosedur baru terdeteksi dua kasus,” kata Prof Amin, dalam diskusi online di kanal YouTube medcomid,  (2/3/2021). Temuan 2 kasus COVID-19 varian Inggris ini pertama kali diumumkan Wamenkes Dante Saksono Harbuwono, tepat setahun peringatan pandemi COVID-19 masuk Indonesia.

“Saya dapat infotepat setahun ini kita temukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia,” ungkapnya dalam konferensi pers setahun pandemi Corona RI, (2/3/2021). “Ini fresh from the oven, baru ditemukan 2 kasus. Artinya kita menghadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang maiin berat,” lanjutnya.

(AN Uyung Pramudiarja; Bahan dari  : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5478565/menkes-sebut-2-kasus-corona-inggris-b117-masuk-ri-dari-saudi-arabia)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close