Selingan

Sepinya Desa Tak Berpenghuni Di Ponorogo

(jatimnow.com)- Lingkungan Sumbulan di Dusun Krajan 1, Desa Plalangan, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo  kini telah ditinggal penghuninya sejak 4 tahun lalu. Saat redaksi ke lokasi yang sebelumnya dihuni oleh 15 kepala keluarga (KK) itu, hanya ada 4 rumah permanen dan satu masjid.

 

Satu warga Sumbulan yang pindah ke Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Babadan, Tohari mengatakan lingkungan itu ditinggal terakhir pada 2017 oleh 3 kepala keluarga (KK).

 

“Ketiga kepala keluarga itu juga ikut pindah. Kini yang ada masjid. Saya ke sini hanya untuk adzan. Biasanya cuma saya sama sepupu saya. Adzannya cuma Dhuhur dan Ashar saja,” ujar Tohari, Rabu (3/3/2021).

 

Kepala Desa Plalangan, Ipin Herdianto membenarkan jika kini Lingkungan Sumbulan tidak berpenghuni. Ia menyebut jika sebelumnya ada 15 KK yang tinggal di lingkungan tersebut.

 

“Hampir satu RT. Dulu ramai dan mulai ditinggalkan tahun 1960 atau 1970 an. Dan terakhir 4 atau 5 tahun lalu hilang semua. Terakhir itu 2 atau 3 keluarga,” katanya. Dari data yang ada, mengurus perpindahan keluarga terakhir pindah karena ikut anaknya.

 

(Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma; Bahan dari : https://jatimnow.com/baca-33794-menengok-sunyinya-desa-tak-berpenghuni-di-ponorogo)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close