Wisata dan Kuliner

Menjelajahi 5 Air Terjun Indah Di Bantul

(travel.okezone.com)-BANTUL; DI Yogyakarta menyimpan beragam potensi alam mengagumkan, salah satunya Air Terjun atau curug yang jadi daya tarik wisata.  Banyak air terjun cantik di Bantul. Air Terjun cocok  bagi Anda yang ingin merasakan sensasi liburan berbeda, apalagi jika punya jiwa petualang.

Melansir dari Instagram @liburan.dijogja, Selasa (15/12/2020), berikut rekomendasi air terjun indah yang ada di Bantul, pas dikunjungi saat liburan :

1-Curug Banyunibo

Banyunibo berarti air jatuh/menjatuhkan. Keunikan Air terjun ini aliran air terjunnya. Biasanya aliran air jatuh ke bawah, di Curug ini aliran air turun menyusuri bebatuan miring. Wisatawan bisa main air dengan aman di bawah air terjun. Airya jernih dan tidak deras mengalir ke kolam dangkal di bawah, sehingga aman bagi anak-anak. Di sekitarnya ada tempat duduk dan gazebo sederhana.

Kita hanya dikenakan biaya parkir Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Jam operasional tiap hari pukul 07.00-17.00 WIB.  Air Terjun setinggi 10 meter ini di tengah pepohonan lebat. Lokasinya di Desa Sendangsari, Kec-Pajangan, Bantul. Mau ke sini? gunakan roda dua karena akses jalannya sempit.

2- Lepo Dlingo

Lepo Dlingo terletak di Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kec-Dlingo, Bantul, DIY. Ada 3 grojogan dan 4 kolam dengan kedalaman bervariasi. Kolam-1 ditingkat teratas dan kedalamnya 2 mtr, kolam-2 kedalamannya sebatas pinggang dewasa.

Yang ke-3 paling dangkal, terakhir kedalaman seperti kolam-1, tapi lebih sempit. Masing-masing kolam dibatasi dinding bebatuan alami yang begitu artistik. Di saat tertentu warna air serupa turquoise, yang sayang bila Anda lewatkan.

3- Kedung Pengilon

Gurug ini cantik dan mengalir tenang. Warna air kadang biru kehijauan. Ini  menambah pesona air terjun setinggi 10 mtr ini. Kedung ini  di Dusun Petung, Desa Bangunjiwo, Kec-Kasihan, Bantul. Tiket masuk Rp5.000; parkir motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000. Ada fasilitas  kamar mandi, area parkir, penyewaan ban dan pelampung. Untuk sampai ke air terjun, harus jalan kaki menyusuri jalan setapak 5 menit.

4- Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari airnya jernih dan indah alami. Suasana sejuk membuat betah, karena kawasan ini dikelilingi hutan hijau. Uniknya, air terjun berdampingan hingga terlihat seolah kembar. Penamaan Randusari merujuk banyaknya pohon randu di sekitarnya. Berada di Jalan Randusari, Banyuurip, Jatimulyo, Dlingo, Bantul. Jam operasionalnya pukul 08.00 pagi hingga 17.00 WIB.

5- Curug Pulosari

Curug ini di Desa Sendangsari, Pajangan, Bantul ini merupakan air terjun berada di bawah jurang. Air terjun tidak terlalu tinggi, berkisar 5-7 mtr. Yang menarik cara air jatuhnya membentuk tirai cantik. Fasilitasnya : Warung makan, tempat parkir, gazebo, dan cinderamata. Dibuka pukul 08.00-17.00 WIB. Tiketnya terjangkau, Rp3.000 saja.

(sal; Ika Widi Oktaviba; Bahan dari : https://travel.okezone.com/read/2020/12/15/408/2327918/liburan-akhir-tahun-yuk-jelajahi-5-air-terjun-indah-di-bantul)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close